Tanda yang Harus Kamu Tahu Bahwa Gadget Kamu Kena Hack

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Smartphone atau gadget tidak hanya digunakan untuk menelpon, tetapi juga digunakan untuk menyimpan data pribadi. Karena itu ada baiknya untuk mengetahui tanda-tanda jika smartphone kalian disadap.

    1. Pada saat nelpon, suaranya sering terganggu

    Apakah kalian pernah menelpon dan mendengar suara bising, kresek-kresek, dan suara itu hanya terdengar di kamu, dan lawan bicara kalian di telepon tidak mendengar suara itu, maka bisa dicurigai kalo panggilan ini sedang disadap.

    1. Ditemukan aplikasi yang tidak dikenal

    Biasanya untuk menyadap smartphone, pihak penyadap harus memasang sebuah aplikasi tambahan di hp targetnya. Hacker bisa menyembunyikan aploikasi ini di smartphone kalian ( tidak ada di layer beranda padahal aplikasinya sudah terinstal ). Untuk melihatnya kalian bisa mengakalinya dengan masuk ke menu Setting ->Apps->Aplication Manager, dan silahkan kalian cek apakah ada aplikasi tidak dikenal yang ada disini. Jika ada maka segeralah untuk menghapusnya.

    1. Baterai cepat habis dan panas

    Untuk mengambil data yang ada di smartphone kalian, hacker biasanya menginstal aplikasi di hp kalian, karena menginstal aplikasi di hp kalian, maka aplikasi itu harus terus berjalan, dan hal ini yang menyebabkan smartphone kalian boros baterai dan panas.

    1. Kuota Boros

    Bukan hanya baterai yang dikuras cepat tetapi kuota internet pun juga dikuras. Hal ini disebabkan oleh aplikasi yang dipasangkan di smartphone kalian terus menerus mengirimkan data.

    1. Smartphone Lemot

    Apakah kalian pernah merasakan hp kalian nge Lag? Apakah itu saat main game atau membuka aplikasi lain. Hal ini bisa saja terjadi karena adanya malware yang mengirimkan data ke orang lain. Hal yang sering terjadi yaitu pada sat chatting dan pada saat yang bersamaan aplikasi lain jua ikut terinstal, hal ini yang menyebabkan smartphone kalian lemot.

    Baca Juga : Perusahaan Teknologi Tertua di Dunia

    1. Sering Muncul Iklan  Popup ketika Browsing

    Tidak semua aplikasi untuk menyadap smartphone berjalan dengan otomatis, maka ada hacker yang menggunakan iklan popup untuk mengaktifkannya. Misalnya jika kalian mengklik iklan tersebut maka aplikasi mata-mata tersebut akan aktif.

    1. Fitur Lokasi tiba-tiba aktif

    Salah satu cara hacker menyadap smartphone adalah dengan mengetahui dimana target yang akan di sadap. Oleh karena itu jika lokasi smartphone kalian aktif tiba-tiba, bisa jadi ada aplikasi di smartphone kalian yang memaksanya untuk aktif. Atau juga bisa jadi smartphone kalian sedang disadap.

    1. Wifi sering aktif sendiri

    Jika kalian berada ditempat umum, dan jika wifi kalian otomatis hidup, hal ini patut dicurigai, karena koneksi ditempat umum bisa digunakan hacker untuk melakukan transfer data ke targetnya.

    1. Loading hp lama tidak sekencang biasanya

    Sering merasakan hp kalian lemot, padahal memori banyak yang kosong, hal ini disebabkan karena ada malware yang berjalan mengirimkan data kalian ke orang lain, data yang dikirimkan biasanya data pribadi, foto, atau dokumen.

    1. Muncul Pesan yang memberitahukan kalua hp kalian sedang diserang virus

    Jangan hiraukan Hal ini, karena ini adalah antivirus palsu yang akan mengakses smartphone kalian jika kalian menginstalnya. Hal ini bisa membuat smartphone kalian rusak atau nge-hang.

    1. Muncul pesan minta tebusan

    Jika kalian menemukan notifikasi minta tebusan, maka kalian sedang diserang oleh malware yang mengunci seluruh data dan file kalian, biasanya hal ini akan segera hilan jika kalian me restart perangkat, jika tidak hilang maka bersiap-siap saja data kalian akan hilang semua.(Ridwan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tanda yang Harus Kamu Tahu Bahwa Gadget Kamu Kena Hack
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar