Keuntungan Masuk Teknik Sipil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Teknik sipil ialah salah satu cabang ilmu perguruan tinggi yang mempelajari ilmu teknik tentang bagaimana cara merancang, membangun, hingga merenovasi gedung dan infrastruktur lainnya. Ilmu teknik sipil ini mempunyai ruangan yang cukup luas, kamu harus mengetahui pengetahuan matematika, kimia, biologi, geologi, fisika, lingkungan dan sehingga komputer memiliki perannya tersendiri. Teknik sipil ini dikembangkan searah dengan meningkatnya kebutuhan manusia dan pergerakannya, dan sehingga bisa dikatakan ilmu teknik sipil ini bisa merubah sebuah perhutanan yang rimba menjadi sebuah kota yang modern.

    Cabang-cabang yang ada pada teknik sipil

    • Struktural ialah yakni cabang ilmu teknik sipil yang mempelajari suatu masalah struktural yang terdapat dari materi yang digunakan dalam pembangunan. Sebuah bentuk rupa bangunan mungkin dibuat dari beberapa jenis material misalnya baja, beton, kayu, kaca, hingga bahan yang lainnya. Dan setiap material tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Di bidang ini kamu mempelajari apa saja sfiat-sifat material yang mana cocok untuk dijadikan sebagai bahan bangunan.
    • Geoteknik ialah cabang teknik ilmu sipil yang mempelajari struktur dan sifat seperti tanah dan batu yang akan menopang suatu bangunan untuk berdiri di atasnya. Teknik ini berupa menginvestigasi lapangan untuk melakukan penyelidikan kondisi-kondisi tanah di suatu daerah.
    • Manajemen konstruksi  ialah cabang teknik sipil yang mempelajari masalah yang dihadapi dalam proyek konstruksi yang ada kaitannya dengan ekonomi, jadwal pekerjaan, biaya proyek, pengembalian modal, dan sehingga hal-hal yang berkaitan dengan hukum perizinan untuk membangun hingga pengorganisasian pekerjaan di dalam lapangan dan hingga diharapkan bangunan cepat agar cepat siapnya.
    • Teknik lingkungan ialah cabang teknik sipil yang mempelajari masalah-masalah dan isu pada lingkungan pembangunan. Bisa mencakup dalam masalah penyediaan sarana dan air yang bersih, pengolahan limbah yang kotor, pencemaran pada sungai, dan polusi udara.

    Keuntungan-keuntungan jika masuk teknik sipil

    1. Cara pola berpikir yang berbeda dibandingkan dengan yang non teknik

    Teknik sipil ini memang melatih para mahasiswa agar memiliki pola berpikir yang berbeda dibandingkan dengan mahasiswa yang non teknik. Kebiasaan yang diajarkan dalam belajar tentang mempelajari masalah dan memecahkan yang membuat kamu menjadi terbiasa dalam menanggapi suatu masalah yang mempunyai sudut pandang orang teknis. Manfaat yang kamu dapat peroleh ketika bekerja ialah yang mampu mempertimbangkan banyak hal.

    1. Banyaknya relasi

    Dan tidak dipungkiri bahwa mahasiswa teknik lebih pandai dalam bergaul dan membangun sebuah relasi. Di dalam dunia ini, konstruksi pun kamu dituntut supaya pandai dalam beradaptasi dan bergaul sesama orang-orang yang baru. Ketika kuliah pun selalu dituntut agar bekerja bersama dengan kelompok.

    1. Mempunyai ikatan dengan senior yang kuat

    Dan kamu juga harus tahu bahwa di dalam dunia konstruksi itu untuk menjadi orang yang pintar saja itu tidak cukup melainkan kamu juga harus mempunyai link atau relasi. Hubungan solidaritas yang baik dengan para-para senior juga akan sangat membantu kamu dalam mencari pekerjaan di proyek. Dan bagaimana pun juga para senior itu sudah terlebih dahulu terjun kedalam dunia kerja.

    1. Peluang kerja yang lebih luas

    Di Indonesia ini ialah negara yang sedang mengalami perkembangan secara ekonomi hingga infrastrukturnya. Dan disinilah peran seorang insinyur teknik sipil dalam berpartisipasi untuk membangun bangunan-bangunan infrastruktur yang kokoh. Teknik sipil ini sangat dibutuhkan di berbagai bidang perusahaan besar, karena di setiap perusahaan mempunyai divisi pengembangan bangunan. Sehingga mahasiswa yang lulusan dari teknik sipil berpeluang sekali untuk masuk ke berbagai macam perusahaan.

    1. Berpeluang untuk menjadi seorang pengusaha

    Dan memang benar semua bidang-bidang teknik bisa membuka peluang usaha sendiri akan tetapi jurusan teknik sipil ini memberikan berbagai macam peluang dan kesempatan dalam membuka usaha sendiri misalnya kontraktor, developer, jasa konsultan dan lainnya. Bahkan hingga banyak lulusan dari teknik sipil ini yang membuka usaha untuk yang di bidang non konstruksi. Yang artinya sikap yang ditanamkan sewaktu kuliah tidak hanya untuk menjadi seorang karyawan bahkan bisa menjadi seorang pengusaha yang sukses.(Iksan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keuntungan Masuk Teknik Sipil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar