Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta Kutai Timur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta Kutai Timur  atau biasa di sebut STAI Sangatta Timur adalah salah satu dari sekian banyak kampus swasta PTA Islam di nusantara. Kampus ini berada di bawah naungan Kementerian Agama dan dimasukkan ke dalam wilayah Kopertis dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Kampus ini ada sejak 20 April 2007 dengan Surat Keputusan Nomor PT Dj.I / 177/2007 dan Surat Keputusan PT PT tanggal 20 April 2007.

    Kampus STAI Sangatta terletak di Jln. APT Pranoto No. 01 RT. 13 Dusun Singa Karta Sangatta Utara, Kab. Kab Kutai Oriental - Prop. Kalimantan Oriental.

    Sekolah Tinggi Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur yang diharapkan dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia, pendirian dan pengembangannya tentunya harus direncanakan dengan hati-hati untuk menjadi kampus tersier yang besar, maju serta modern berdasarkan kebutuhan masyarakat.

    Berdasarkan persiapan Sementara dari tanggal 8 hingga 13 Maret 2006 melakukan pencarian dan penyerapan aspirasi masyarakat untuk digunakan sebagai dasar dalam desain fondasi Sekolah perguruan tinggi Islam di Timur.

    Sekolah Menengah Islam (STAI) Sangatta benar-benar melakukan sesuai dengan Program CEMERLANG KUTIM dan sesuai dengan keinginan dan harapan komunitas pengguna.

    Kemudian mendapat hasil yaitu dukungan dan tanggapan positif dari semua masyarakat Kutai Timur. Untuk memperkuat dasar kerja tim Penyusunan Pembentukan Nusa Tenggara Islam Timur (STAI) Sangatta Kutai Timur

    Dan pada akhirnya dibentuk lah Keputusan Bupati Kutai Timur No. 68 / 02.188.45 / HK / III / 2006 tertanggal 17 Maret 2006 tentang Tim Persiapan untuk pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Kutai Timur (STAI).

    Juga sejalan dengan gagasan Bupati Kutim (Awang Faroek Ishaq) mengenai kebijakan pengembangan pendidikan utama yang meliputi: Perluasan dan pemerataan pendidikan, Kualitas dan relevansi pendidikan tata kelola dan tanggung jawab yang baik, dan gagasan tersebut menerima Tanggapan positif dari semua elemen masyarakat Kutai Timur.

    Sumber daya manusia ini direncanakan diarahkan tidak hanya untuk pendidikan dasar dan menengah yang dikenal sebagai pendidikan wajib 12 tahun, tetapi juga untuk pendidikan tingkat tersier (PT) sebagai kelanjutan dari pendidikan wajib 12 tahun.

    Pendidikan di tingkat tersier (PT) ditujukan untuk dua sektor. Sektor pertama bertanggung jawab atas hal-hal yang berkaitan dengan sains dan teknologi, sedangkan sektor kedua, selain sains dan teknologi, juga bertanggung jawab atas hal-hal yang berkaitan dengan masalah sosial, agama, mental, dan spiritual.

    Berikut Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur:

    Program Studi

    Strata

    Wilayah

    No. SK

    Tahun SK

    Peringkat

    Tanggal Daluarsa

    Pendidikan Agama Islam

    S1

    11

    1151/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015

    2015

    B

    2020-11-14

    Ekonomi Syari`ah

    S1

    11

    275/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2014

    2014

    C

    2019-08-08

    Berikut Visi dan Misi Kampus Sekolah Tinggi Islam (STAI) Sangatta Kutai Timur :

    Visi:

    ’’Menjadi Universitas Agama Islam (PTAI) yang unggul, profesional, berkarakter, dan kompetitif secara nasional pada tahun 2020’’.

    Misi:

    1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas di bidang sains Islam yang memiliki keunggulan dan daya saing nasional.
    2. Mengembangkan penelitian dalam ilmu-ilmu Islam yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
    3. Mengembangkan pola pemberdayaan orang dengan karakter.
    4. Menyediakan layanan pendidikan bagi siswa untuk menjadi ahli dalam ilmu-ilmu Islam yang memiliki kredo stabilitas, kedalaman spiritual, superioritas moral, luasnya pengetahuan, intelektual dan kematangan profesional.
    5. Membangun kepercayaan dan kerja sama dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri.
    6. Mengembangkan pemerintahan berdasarkan manajemen profesional untuk memenuhi kepuasan komunitas akademik dan pemangku kepentingan.

    Sekolah Tinggi Islam Sangatta (STAIS) Kutai Timur dalam konteks ini melakukan upaya untuk mencerdaskan masyarakat di Timur, dengan didistribusikan secara merata melalui Brilliant Achievement (BRIGHTLE).

    Hal ini seperti yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Timur setidaknya dengan dukungan 2 (dua) hal, yaitu: ketersediaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM). (Qoir)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta Kutai Timur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar