Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Muhammadiyah Aceh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Universitas Muhammadiyah Aceh adalah perguruan tinggi yang dikembangkan dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Muhammadiyah Banda Aceh yang berdiri pada 1969. Kemudian, berdasarkan surat keputusan PWM Aceh di bentuklah Panitia Persiapan Pendirian Universitas Muhammadiyah Aceh yang resmi didirikan pada 11 Maret 2987.

    Kerja keras Panitia Persiapan Pendirian Universitas Muhammadiyah Aceh mendapatkan tanggapan positif dengan dikeluarkannya izin operasional dengan surat keputusan tertanggal 24 Januari 1987.

    Beberapa tahun kemudian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengeluarkan surat keputusan pada 29 April 1991 dengan diakuinya lima fakultas pada Universitas Muhammadiyah Aceh, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA dan Fakultas Tarbiyah.

    Seiring waktu, Universitas Muhammadiyah Aceh terus dikembangkan dengan dibukanya fakultas dan akademi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan. Selanjutnya, Universitas Muhammadiyah Aceh mulai membuka Fakultas Kesehatan Masyarakat, Akademi Pariwisata, dan Akademi Fisioterapi.

    Hingga kini, seluruh program studi atau jurusan pada fakultas dan akademi yang berada di bawah naungan Universitas Muhammadiyah Aceh telah mengantongi akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi.

    Untuk itu, Garuda Cyber Indonesia merangkum akreditasi untuk semua program studi atau jurusan yang ada pada Universitas Muhammadiyah Aceh, seperti berikut ini:

    Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Muhammadiyah Aceh

    Program Studi

    Strata

    Tahun

    Peringkat

    Tanggal Kadaluarsa

    Perbankan Syariah

    S1

    2019

    B

    2024-06-12

    Teknik Sipil

    S1

    2017

    B

    2022-05-09

    Ilmu Hukum

    S1

    2017

    B

    2022-08-01

    Manajemen

    S1

    2017

    B

    2022-11-21

    Kesehatan Masyarakat

    S1

    2017

    A

    2022-10-27

    Psikologi

    S1

    2016

    B

    2021-06-02

    Kesehatan Masyarakat

    S2

    2016

    B

    2021-06-18

    Akuntansi

    S1

    2015

    B

    2020-01-09

    Arsitektur

    S1

    2015

    B

    2020-01-31

    Tadris Matematika

    S1

    2015

    C

    2020-10-31

    Tadris Bahasa Inggris

    S1

    2015

    B

    2020-11-14

    Tadris Biologi

    S1

    2015

    C

    2020-12-12

    Pendidikan Agama Islam

    S1

    2014

    B

    2019-12-14

    Tak hanya sudah mengantongi akreditasi yang baik untuk setiap program studi atau jurusannya, Universitas Muhammadiyah Aceh juga memiliki visi untuk menjadi universitas swasta terkemuka di tingkat nasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berlandaskan nilai Islami pada tahun 2026.

    Selain itu, perguruan tinggi yang menjadikan moralitas dan intelektualitas sebagai mottonya mengemban misi untuk menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian. Menyelenggarakan tata kelola universitas yang modern dan amanah, menyelenggarakan kerjasama dan kemitraan tridarma perguruan tinggi di tingkat nasional dan internasional.

    Meski perguruan tinggi swasta, Universitas Muhammadiyah Aceh berkomitmen dengan misi menyelenggarakan pengkajian, pengembangan Al-Islam dan kemuhammadiyahan. Serta, menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan lulusan berjiwa entrepreneurship atau kewirausahaan.

    Nah, dalam memilih perguruan tinggi serta menentukan program studi atau jurusan memang tak jarang membuat sebagian calon mahasiswa kesulitan. Hal ini dikarenakan, tak sedikit calon mahasiswa yang tidak mengenali minat maupun bakat mereka.

    Padahal bakat dan minat sangat dibutuhkan untuk menentukan masa depan dengan memilih jurusan yang tepat agar cita-cita tercapai. Sebab itu, sangat penting untuk mengenali bakat dan minat kamu sebelum memilih jurusan atau program studi.

    Selain itu, akreditasi kampus hingga program studinya juga sangat penting untuk melihat baik atau tidaknya kualitas pada perguruan tinggi tersebut. Semakin baik akreditasi perguruan tinggi tersebut, makin baik pula mutu dan kualitas baik program studi maupun dosen-dosen atau tenaga pengajarnya.

    Akreditasi merupakan suatu pengakuan dari pemerintah, terutama untuk perguruan tinggi swasta. Akreditasi diberikan kepada perguruan tinggi melalui sertifikasi spesialias serta tes dengan metode laboratorium. Dengan demikian, sebuah perguruan tinggi dapat mengantongi akreditasi untuk menunjukkan kualitasnya.

    Kemudian, pastikan perguruan tinggi yang kamu pilih sudah memiliki fasilitas memadai. Mulai dari sarana dan prasarana, seperti perpustakaan, laboratorium hingga ruang olahraga serta tempat ibadah yang kamu butuhkan di saat menempuh program sarjana maupun diploma.

    Universitas Muhammadiyah Aceh bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan. Meskipun swasta, Universitas Muhammadiyah Aceh sudah mengantongi akreditasi, termasuk untuk setiap jurusan atau program studi yang diasuhnya.

    Dengan adanya akreditasi, artinya Universitas Muhammadiyah Aceh merupakan perguruan tinggi yang legal dan berada di bawah pengawasan pemerintah meski dikelola oleh pihak swasta. (Vol1-YI)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Muhammadiyah Aceh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar