Lobang Jepang, Wisata Sejarah Peninggalan Romusha Masa Penjajahan Jepang

Daftar Isi

    Wisata, Lancangkuning.com - Lobang Jepang merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di kota Bukit Tinggi. Lobang Jepang adalah peninggalan tentara Jepang yang menjajah Indonesia masa itu. Lobang ini dulunya digunakan bangsa Jepang untuk pertahanan serdadu Jepang yang sengaja di bangun dengan mendatangkan para pekerja di luar rakyat Bukit Tinggi.

    Hal demikian dilakukan Jepang untuk menjaga rahasia proyek. Romusha dikerahkan dari pulau Jawa, Sulawesi dan Kalimantan. Lobang Jepang ini dibangun sebagai tempat penyimpanan perbekalan dan peralatan perang tentara Jepang. Dengan panjang terowongan mencapai 1400  meter yang berkelok-kelok dan memiliki lebar 2 meter. Di dalam terowongan lobang Jepang ada beberapa ruangan, yaitu ruang pengintaian, penyergapan penjara, dan gudang senjata.

    {{}}

    Lobang Jepang didirikan pada tahun 1942 sampai 1945. Di dalam terowongan yang panjang ini dilakukan berbagai macam kegiatan oleh tentara jepang. Seperti rapat tentara Jepang, bahkan juga tempat memasak dan juga memenjara dan menyiksa tahanan perang

    Hasil kerja keras pada pekerja paksa rakyat Indonesia pada masa Jepang ini menjadi wisata sejarah bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota Bukit Tinggi. Dengan menjelajahi terowongan, kita diajak menelusuri setiap ruangan dan menikmati suasana di dalam terowongan dan menyusuri sejarah masa silam. Lorong-lorong yang ada di setiap bangunan bercabang dan masing-masing digunakan sesuai fungsi dan untuk menjaga keasliannya disetiap lorong dipasang CCTV. (hyAzn)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lobang Jepang, Wisata Sejarah Peninggalan Romusha Masa Penjajahan Jepang
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar