Pilkada Serentak 23 September 2020 Diikuti 270 Daerah

Daftar Isi

    JAKARTA-Pemilihan kepala daerah (Pemilukada) serentak pada tahun 2020 mendatang, disepakati pelaksanaannya akan diselenggarakan tanggal 23 September 2020. Penetapan tanggal ini adalah hasil rapat Komisi Pemilihan Umum (KPU).

    Bahkan, KPU juga telah menetapkan hari-H pelaksanaan pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia ini. Hari pelaksanaan sama dengan hari pelaksanaan Pemilukada-pemilukada yang lalu, yaitu pada hari Rabu.

    "Jadi ada beberapa tanggal pilihan hari Rabu di bulan September tahun 2020 dan KPU memilih tanggal 23 September," ujar Arief dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 8 Juli 2019.

    Pemilukada serentak pada Rabu, 23 September 2020 mendatang, akan diikuti sebanyak 270 daerah, dengan rincian 9 Provinai, 224 kabupaten dan 37 kota.

    "Jadi persiapan yang pertama KPU telah melakukan rapat pleno dan menyusun draf tahapan pemilihan serentak tahun 2020. Yang pertama perencanaan program dan anggaran itu bulan Mei sampai September 2019. Kemudian kedua menyusun penandatanganan NPHD paling lambat tanggal 1 Oktober. Kemudian sosialisasi mulai 1 November sampai 22 September 2020," ujar Arief seperi dilaporkan VIVA.

    Dalam rapat tersebut, Arief juga menjelaskan tahapan penyelenggaraan terkait pilkada. Pendaftaran untuk pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan dilakukan bulan Februari. Sedangkan untuk calon bupati-wakil bupati dan wali kota-wakil wali kota akan dilakukan bulan Maret.

    "Kemudian kampanye. Nah, masa kampanye itu akan dilakukan 1 Juli sampai dengan 19 September. Jadi tiga hari setelah penetapan pasangan calon kemudian akan sudah dimulai masa kampanye. Masa kampanye berdurasi 81 hari," kata Arief.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pilkada Serentak 23 September 2020 Diikuti 270 Daerah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar