SDN 032 di Desa Pulau Cawan, Seperti Gedung Semut, Disdik Inhil Tidak Berfungsi

Daftar Isi

    MANDAH, Indragiri Hilir, Lancang Kuning.Com - Jika dilihat sekilas dari jauh, Gedung sekolah di Desa Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) mirip semut kecil yang tidak ada perhatian dari pemerintah Kabupaten dan pihak dinas pendidikan.

    Padahal, tempat dan lokasi itu berdekatan dengan wisata Pantai Solop berbentuk bangunan kayu memiliki lebih kurang 10 meter, panjang 4 meter.

    Namun, jika dipandang oleh indra mata, terlihat bertulisan dipapan Plang Sekolah Dasar Negeri (SDN) 032. Kondisi ini sangat memprihatinkan, terlebih lagi bangunan itu sudah lama tidak ada disentuh oleh pihak Disdik. 

    Menurut Kepala Desa Pulau Cawan Said Hairul, kondisi sekolah tersebut sudah disampaikan kepada pihak terkait, yakni Dinas Pendidikan maupun kepada anggota legislatif yang datang ke Pantai Solop. Namun hingga saat ini belum ada respon dan realisasi.

    "Rasanya saya sudah puas menyampaikan persoalan sekolah tersebut, akan tetapi belum ada bantuan yang nyata untuk kepentingan pendidikan disini,” ungkapnya, Selasa (9/8/16). 

    Pria yang akrab disapa yoyo ini juga tidak bisa menyembunyikan rasa malunya pada wisatawan yang datang ke Pantai Solop.

    “Kami disini juga merasa malu saat dilihat oleh banyak pengunjung dan para wisatawan, baik dari Provinsi Riau, Batam, bahkan dari luar negeri pun ada. Malu kita sebagai masyarakat tempatan,” ujarnya.

    Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Bupati Inhil HM.Wardan akan langsung memprogramkan sekolah yang sangat tidak layak tersebut pada tahun 2017. Hal ini juga akan disampaikan Bupati kepada dinas terkait untuk segera menindak lanjutinya.

    “Saya akan sampaikan ke Dinas Pendidikan, saya pikir dia sudah tau. Dan tahun depan akan diprogramkan relokasilah. Bangunannya sudah tidak representatif, maka akan kita bangun di tahun 2017,” tukasnya.

    Mengenai tenaga pengajar yang bisa dibilang sangat kurang yaitu dua orang, juga akan menjadi perhatian pemerintah, karena ini seiring dengan pembaruan bangunan.

    “Nanti akan kita perhatikan. Guru – guru akan kita distribusikan dari kecamatan atau kabupaten,” imbuhnya.

    Keberadaan SDN 032 harus menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Inhil, letak sekolah yang berada di Pantai Solop yang notabene merupakan satu diantara tempat wisata unggulan yang ada di Indragiri Hilir (Inhil). Tentu saja menjadi tontonan pengunjung Pantai Solop yang datang untuk berwisata.

    Untuk diketahui, SDN 032 Pantai Solop Pulau Cawan terdiri dari 2 ruangan kelas yang sangat memprihatunkan. fasilitas sekolah masih memakai kapur dengan tempat duduk dan meja dari kayu dan tenaga pengajar sebanyak 2 orang. (Ydi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel SDN 032 di Desa Pulau Cawan, Seperti Gedung Semut, Disdik Inhil Tidak Berfungsi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar