Konsep Dari Kewargaan Digital

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Digital adalah sesuatu yang ada di media elektronik yang berbentuk file, video, gambar, text, dan cara seseorang berinteraksi dengan dunia digital yang lainnya. Dunia digital ada dua yaitu online dan offline, online yaitu ketika menggunakan media elektronik yang akan terhubung langsung ke internet atau akrab dikenal dengan dunia maya. Sedangkan offline yaitu ketika anda tidak menggunakan media elektronik maka tidak akan terhubung ke dunia maya.

    1. Kewarganegaraan Digital

    Kata yang akrab disebut dengan dunia maya tidak jauh beda dengan namanya dunia nyata. Diantara komunikasi dan individu, ada beberapa individu yang sekaligus bisa terjadi dari dunia maya maupun dunia nyata. Tidak heran lagi beberapa karakteristik pribadi dan ide, maupun tujuan yang berbeda yang bisa tertuang dengan dunia maya. Namun, sifat dari dunia maya yang tidak akan mempertemukan individu-individu tersebut dengan secara langsung sehingga dapat mendorong menipisnya, bahkan ada norma-norma yang hilang sopan santunnya. Seperti tanggung jawab dan etika ketika berkomunikasi.

    Ketika anda ingin berinteraksi langsung di dunia maya seperti, Email, browsing Google yang telah diberikan kepada guru, WhatsSpp, Massenger, mengomentari status teman di Facebook, Instagram, Youtube.

    1. Konsep Kewarganegaraan Digital

    Konsep dari kewarganegaraan digital adalah konsep yang bisa digunakan untuk memberikan sebuah pengetahuan yang mengenai penggunaan dan teknologi dunia maya dengan baik dan benar. Dari penggunaan teknologi dunia maya dengan perlakuan baik dan benar mempunyai banyak seperti implikasi, pemilihan kata seperti berkomunikasi. Karena untuk tidak menyinggung dari pihak lain yang akan mengupdate status, tidak memberikan sebuah informasi dari publik, tidak akan membuka tautan yang bersifat mencurigakan, dan lain-lainnya.

    1. Komponen kewarganegaraan digital

    Kewarganegaraan digital juga bisa dibagi menjadi sembilan komponen, yang akan dikategorikan menjadi tiga dengan berdasarkan manfaatnya.

    • Lingkungan Belajar

    Informasi dan teknologi komunikasi sekarang telah menjadi bagian dari lingkungan dan pembelajaran. Yaitu seperti pemanfaatan ICT untuk mencari sebuah informasi, data, maupun rujukan untuk keperluan dari pembelajaran. Ada beberapa unsur yang tidak perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.

    1. Akses Digital

    Yaitu mengakses fasilitas ICT adalah hak dasar dari setiap warga digital, namun hal tersebut tidak semua orang yang memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses fasilitas-fasilitas tersebut.

    1. Komunikasi Digital

    Dari perkembangan teknologi digital telah mengubah sikap seseorang ketika berkomunikasi. Yang berbagai macam bentuk komunikasi digital yang telah tersedia, seperti Email, Sms, Chatting, Forum, dan berbagai bentuk lainnya yang akan terhubung dengan individu-individu lainnya.

    1. Literasi Digital

    Salah satu aspek dari pembicaraan yang penting akan berkaitan dengan teknologi dan memahami cara kerja teknologi tersebut dengan cara yang paling tepat tentunya.

    • Lingkungan Sekolah Hak Dan Kewajiban

    Sebagai sesama wara digital tentunya akan menggunakan teknologi dan sumber daya yang sama dan secara bersamaan. Setiap warga digital tentunya mempunyai hak dan kewajiban yang sama berdasarkan kesepakatan dan norma.

    1. Etika

    Seringkali dari penggunaan teknologi digital yang tidak memahami dan bahkan tidak memperdulikan etiket dalam penggunaan teknologi. Ada beberapa pihak yang menggunakan konsep, produk, atau layanan lainnya. Yang tidak memperhatikan aturan serta tata tertib penggunaannya.

    1. Keamanan

    Dalam dunia nyata, anda akan menggunakan pagar seperti mengunci pintu dan menambahkan alarm di sekitar dengan alasan untuk menjaga keamanan.

    • Lingkungan sekolah hukum

    Ada juga hukum digital mengatur etika penggunaan teknologi dalam kehidupan masyarakat, seperti.

    1. Transaksi

    Perangkat seperti digital juga menyediakan sebuah fasilitas yang akan mempermudah seseorang untuk berbelanja dan bertransaksi. Seperti, Buka Lapak, Shopee, TokoPedia, Olx. Yang bisa memudahkan anda untuk bertransaksi melalui situs online.

    1. Kesehatan

    Manfaat dari teknologi digital, bisa membantu anda searching segala jenis gejala-gejala penyakit yang menyerang anda. Dan memudahkan anda untuk menemukan tips kesehatan sehri-hari.(Nanda)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Konsep Dari Kewargaan Digital
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar