MTS Hikmah Pelalawan Butuh Renovasi

Daftar Isi

    Foto: Istimewa

    LancangKuning.Com, Pelalawan - MTs Hikmah terancam tutup setelah 50 tahun menjadi tempat belajar bagi mualaf Suku Akik di Pulau Mendol, Riau.  Di salah satu sudut pulau Sumatera, terdapat sebuah pulau kecil bernama Pulau Mendol. Tapi masyarakat sekitar lebih suka menyebut namanya dengan Pulau Penyalai.  Salah satu sudut Pulau Mendol ini, tepatnya di Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, provinsi Riau terdapat sebuah sekolah Islam, yaitu MTs Hikmah.

    MTs Hikmah telah berdiri sejak tahun 1965. Tahun 2020 mendatang, usianya genap 55 tahun. Sayangnya, menjelang memasuki usia ke 55 tahun, MTs Hikmah terancam ditutup. Saat ini, Siswa Mts Hikmah hanya berjumlah 40 orang. Insfrastruktur sekolahpun tidak mendukung pelaksanaan belajar mengajar yang baik.

    Dengan keterbatasan kondisi sekolah seperti ini, perlahan MTs Hikmah ditinggalkan siswanya. Padahal, dulunya sekolah ini adalah sekolah pilihan bagi warga di Pulau Penyalai untuk saat ini, MTs Hikmah menjadi tempat pilihan utama bagi mualaf Suku Akik di Pulau Penyalai untuk mengenyam pendidikan.

    Untuk menuju ke Sekolah ini, siswa Suku Akik harus bersepeda sejauh hingga 30 km, karena tidak ada sekolah di desa mereka. Sungguh miris sekali membayangkan siswa-siswi yang sudah menempuh jarak sejauh itu namun hanya bisa belajar di sekolah dengan kondisi yang jauh dari kata layak.

    Markom ACT Riau Wahyu mengatakan Alhamdulillah dana saat ini terkumpul berjumlah Rp 20.000.000,- setidaknya dibutuhkan biaya sekitar Rp 250.000.000,- demi berdirinya bangunan MTS yang baik serta nyaman bagi proses belajar, dan tentunya Saat ini MTs Hikmah membutuhkan renovasi dan pembangunan gedung permanen untuk kegiatan belajar mengajar.

    Pembangunan ini termasuk mendirikan fasilitas toilet untuk siswa dan guru, serta membangun sumur bor sebagai sumber air. Selain pembangunan, MTs Hikmah pun butuh sarana penunjang kegiatan belajar mengajar seperti papan tulis, meja belajar, dan alat peraga pendidikan.

    Sahabat kemanusiaan, melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau mari sama-sama kita ikhtiar membantu pembangunan  MTS Hikmah demi terselenggaranya kegiatan belajar didaerah-daerah terpencil yang berada di Riau. Sahabat bisa menyalurkan melalui rekening a.n (Yayasan) Aksi Cepat Tanggap BNI Syariah # 66 6000 0448 dan Bank Syariah Mandiri # 6666 7777 68. Tambahkan kode unik (044) diakhir nominal contoh Rp 1.000.044,-) dan sahabat juga bisa berdonasi melalui kitabisa melalui link : https://www.kitabisa.com/mtshikmah
    Careline : 0761 6702240, Whatsapp center : 0852 1000 1191. (LKC/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel MTS Hikmah Pelalawan Butuh Renovasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar