Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Sekolah  Menengah Kejuruan ini sangat berbeda dengan Sekolah Menengah Atas. Berbeda nya yaitu dari segi Pelajaran maupun Praktek. Sekolah Menengah Kejuruan ini biasanya siswa ini langsung diajarkan atau dibimbing untuk terjun langsung ke dunia pekerjaan atau langsung terjun kelapangan. Sedangkan untuk SMA siswa lebih banyak teori dibandingkan Praktek. Biasanya untuk anak SMK ini setelah naik di kelas 2 SMK, siswa tersebut dianjurkan untuk melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) / Magang di sebuah Instansi/ Perusahaan sesuai waktu yang ditentukan dari sekolah. Biasanya PKL tersebut dilakukan selama 2 hingga 6 bulan.

    Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan mempersiapkan siswa siswi untuk terjun ke dunia pekerjaan setelah lulus sekolah. Akan tetapi, hal tersebut lebih banyak melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Banyak sekali lulusan dari SMK mengambil jurusan yang  berbeda dengan waktu SMK nya. Hal itu akan membuat para siswa mengulangi pelajaran dari awal. Untuk lulusan dari Jurusan Administrasi Perkantoran sangat banyak sekali jurusannya. Jadi, untuk lulusan SMK Jurusan Administrasi Perkantoran, kamu tidak perlu khawatir untuk melanjutkan ke jurusan yang sama.

    Biasanya Administrasi Perkantoran ini adalah suatu kegiatan maupun aktivitas untuk mencatat sebuah anggaran, pembayaran serta kegiatan pelaporan data di suatu Perusahaan/ Instansi. Laporan yang dibuat itu berbentuk surat, dokumen dan ada juga yang berbentuk Pembukuan. Seorang Administrasi Perkantoran ini mempunyai tanggung jawab terhadap organisasi maupun di sebuah perusahaan untuk memberikan sebuah pelayanan – pelayanan yang baik. Pada umumnya, jurusan Administrasi Perkantoran ini sudah ada  dan sudah dipelajari juga pada waktu SMK. Keterampilan yang diperlukan untuk kuliah maupun bekerja di bidang Administrasi Perkantoran ini yaitu kerapian dan ketelitian.

    Bagi setiap lulusan Administrasi Perkantoran ini biasanya dibekali ilmu yang mengenai tentang Administrasi Perkantoran. Oleh sebab itu, setiap mahasiswa maupun siswa SMK lulusan Administrasi Perkantoran ini harus mempunyai keterampilan dan juga kemampuan, antara lain :

    • Teori dan praktek terhadap kegiatan yang mengenai Administrasi Perkantoran
    • Harus mampu untuk mengambil keputusan dalam menganalisa data yang diperoleh
    • Memahami konsep dan cara – cara dalam menyelesaikan suatu masalah
    • Mampu bertanggung jawab terhadap pekerjaan
    • Dapat mengetik 10 Jari dengan cepat
    • Bisa membimbing diskusi kelompok saat di kelas

    Nah, selain itu juga jurusan yang bisa diambil atau jurusan yang cocok untuk lulusan Administrasi Perkantoran terutama bagi lulusan SMK yaitu, antara lain :

    1. Ilmu Pendidikan
    2. Administrasi Sarana dan Prasarana
    3. Dasar – dasar ilmu Administrasi
    4. Statistika Inferensial
    5. Dasar – dasar Akuntansi
    6. Korespondensi Niaga

    Walaupun jurusan tersebut tidak banyak diminati, akan tetapi jurusan tersebut mempunyai prospek kerja yang sangat menarik. Bagi lulusan Administrasi Perkantoran dapat bekerja sebagai, antara lain :

    1. Staf Administrasi Perkantoran
    2. Sekretaris
    3. Admin Project Support
    4. Tata Usaha
    5. Admin Pergudangan
    6. Asisten Personalia
    7. Assistant Manager
    8. Client Support Administrasion

    Tidak semua perguruan tinggi menyediakan Jurusan Administrasi Perkantoran. Berikut ini Perguruan Tinggi yang sudah menyediakan jurusan Administrasi perkantoran, yaitu :

    1. Universitas Negeri Yogya
    2. Universitas Indonesia
    3. Universitas Cendrawasih
    4. Universitas Negeri Gorontalo
    5. Universitas Warma Dewa
    6. Universitas Negeri Malang
    7. Universitas Diponegoro(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Lulusan SMK Administrasi Perkantoran
    Sangat Suka

    22%

    Suka

    16%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    8%

    Marah

    2%

    Komentar