Tips dan Manfaat Senam Hamil

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Apabila kamu tidak menyukai keringat, senam juga dapat dijadikan suatu pilihan olahraga yang sangat baik untuk kondisi ibu hamil. Senam ini biasanya terdiri dari beberapa gerakan untuk meningkatkan kekuatan tubuh yang sedang hamil. Kamu tidak perlu khawatir, karena senam hamil ini sangat relative aman untuk dilakukan oleh ibu hamil.

    Agar tidak ingin cedera ketika melakukan senam, maka kamu harus mengikuti aturan – aturan senam hamil sebagai berikut :

    1. Pilates

    Pilates yaitu senam fokus pada peregangan di bagian perut, otot punggung serta otot panggul. Secara umum, Pilates ini manfaatnya adalah untuk meningkatkan Fleksibilitas, menguatkan persendian, dan juga melatih kekuatan otot. Pada saat ingin melakukan senam Pilates ini, kamu harus menghindari pose tubuh yang berbaring telentang dan memutar di bagian perut. Karena hal tersebut dapat menyebabkan efek Diastasis Recti, yakni pada saat otot perut berpisah dikarenakan tarikan yang besar pada area perut.

    1. Senam Kegel

    Senam lain yang aman untuk dilakukan pada saat hamil yaitu senam Kegel. Kamu tidak perlu mengikuti atau mendaftar di studio senam atau gym. Senam Kegel ini dapat membantu ibu hamil untuk menguatkan otot – otot panggul bawah.

    1. Senam Yoga

    Selain untuk membuat tubuh sehat, kuat dan juga aktif saat hamil, yoga ini juga bisa membantu kamu untuk bernapas secara baik maupun teraturdan juga untuk mengurangi sakit pinggang. Selain itu juga, yoga ini dapat menguatkan otot di bagian pinggul agar mempermudah proses kehamilan.

    1. Senam Panggul

    Senam panggul ini bisa membantu kamu untuk mengatasi nyeri di bagian punggung.  Selain itu juga senam panggul ini juga dapat membantu postur kehamilan, dan juga untuk memudahkan proses persalinan.

    1. Senam Squat Hamil

    Squat Hamil ini merupakan senam hamil yang sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu jongkok saja tanpa menggunakan peralatan apapun. Squat ini dapat mencegah dan juga mengurangi sakit di bagian bawah punggung. Selain itu juga, senam hamil ini sangat banyak manfaatnya untuk ibu hamil, salah satunya sebagai berikut :

    1. Menambah energi pada saat sedang hamil

    Kehamilan ini membuat tenaga akan terkuras atau pun badan akan terasa lemah, sehingga sulit untuk melakukan sesuatu. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, dengan melakukan senam yang teratur dapat menambah energy dan stamina tubuh kamu dan juga untuk melatih kebugaran jantung serta melancarkan aliran darah.

    1. Menurunkan Risiko Komplikasi

    Jika melakukan senam secara rutin maupun teratur bisa menurunkan risiko komplikasi kehamilan seperti Diabetes Gestasional dan Preeklampsia. Manfaat senam juga dapat dirasakan oleh ibu hamil yang mengidap penyakit Diabetes. Bagi penderita Diabetes Gestasional sebaiknya melakukan senam tiga kali dalam seminggu. Jika melakukan senam secara rutin juga dapat menurunkan resiko mengandung bayi besar (Makrosomia) sampai 58%.

    1. Mencegah sensasi tidak nyaman dari gejala kehamilan

    Apabila dengan melakukan senam hamil ini bisa memperkuat otot bagi ibu hamil. Selain itu juga, senam ini juga bisa mengatasi rasa sakit serta nyeri.

    1. Mempersiapkan tubuh untuk proses melahirkan

    Senam bukan hanya membuat tubuh pada saat hamil menjadi sehat dan bugar saja. Akan tetapi, senam hamil ini bisa mempersiapkan tubuh untuk persalinan. Walaupun sampai saat ini belum ada penelitian yang valid, berolahraga pada saat hamil bisa meringankan sakit ketika bersalin. Selain itu, ada beberapa orang percaya bahwa olahraga ini bisa mempersingkat waktu melahirkan.

    1. Mengurangi stress

    Olahraga ketika hamil sangat dianjurkan, karena selain meningkatkan daya tubuh olahraga ini juga dapat meningkatkan kadar Seretonin di bagian otak yang terkait dengan hati. Hal itu sangat baik agar ibu hamil bersemangat dalam melakukan sesuatu.

    1. Tubuh ideal setelah melahirkan

    Jika kamu rajin melakukan senam ataupun berolahraga pada saat hamil. Ketika setelah kamu melahirkan maka tubuh akan menjadi tidak mudah lelah. Selain itu juga, hal ini dapat mengembalikan bentuk tubuh kamu seperti semula.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips dan Manfaat Senam Hamil
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar