Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Jahe

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin sebagian besar orang mengetahui kesehatan jahe berfungsi ketika cuaca dingin. Jahe bisa diseduh dalam bentuk teh, bandrek, wedang uwuh dan lainnya untuk menghangatkan badan. Hangatnya badan setelah mengkonsumsi jahe sangat cocok sekali untuk menemani malam dengan cuaca yang dingin. Namun, tahukah kamu manfaat jahe tidak hanya sekedar itu saja untuk kesehatan kita.

    Kandungan yang terdapat pada jahe ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Karena pada setiap 10 gram jahe terdapat 80 kalori yang terdiri dari 84 persennya karbohidrat, 8 persen lemak dan 9 persen protein. Selain itu di dalam jahe juga terdapat kandungan vitamin B, C, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor dan zink.

    Seperti yang kita bahas di atas bahwa banyak sekali kandungan dalam jahe tentu saja sangat bermanfaat untuk tubuh dan kesehatan. berikut beberapa khasiat dari jahe untuk kesehatan :

    1. Mengatasi Mual dan Muntah

    Mengkonsumsi jahe bisa mengatasi rasa mual dan muntah, hal itu ditunjukan oleh berbagai penelitian terutama untuk pasien HIV/AIDS yang sedang mengkonsumsi obat antiretoviral dan pada ibu hamil yang sering mengalami muntah dan mual. Meskipun begitu, untuk ibu hamil tetap harus berkonsultasi ke dokter dahulu sebelum mengkonsumsi jahe, karena pada dasarnya ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi obat.

    1. Mengatasi Nyeri Sendi

    Rasa sakit nyeri sendi bisa diatasi dengan mengkonsumsi jahe, terutama pasien yang mengalami penyakit degeneratif dimana mengakibatkan tulang sendi rusak dan osteoartritis juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi jahe. Hal itu terjadi karena kandungan agen antiinflamasi yang ada pada jahe.

    1. Meredakan Perut Kram bagi Wanita yang Haid

    Bagi kaum wanita tentu setiap bulannya mengalami siklus haid, dan kebanyakan dari para wanita mengeluhkan rasa sakit atau kram pada perut saat hadi itu datang. Rasa sakit itupun kadang membuat para wanita sulit menahannya. Siapa sangkat ternyata jahe bisa dijadikan solusi. Sebanyak 500 hingga 2000 mg bubuk jahe yang dikonsumsi selama 3-4 hari pertama siklus haid mampu meredakan rasa kram yang terjadi saat haid.

    1. Mencegah kanker

    Dalam jahe memiliki banyak kandungan 6-gingerol yang dipercaya mempunyai efek antikanker. Selain itu juga ada beberapa penelitian yang menemukan bahwa Jahe juga memiliki khasiat dalam menurunkan aktivitas molekul proinflammatory di dalam usus yang bisa menurunkan risiko kanker usus.

    1. Menurunkan Risiko Diabetes dan Penyakit Jantung

    Jahe juga dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah karena efek anti diabetik yang dimiliki jahe. Pada tahun 2015 sebuah studi mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi 2 gram bubuk jahe sehati bisa membantu menurunkan hingga 12  persen kadar gula darah puasa.

    1. Meningkatkan Fungsi Otak

    Percepatan proses penuaan bisa disebabkan oleh stress oksidatif dan inflamasi kronis. Selain itu juga bisa terjadi pada otak yang bisa berujung dengan penyakit Alzheimer serta fungsi kognitif lainnya yang dikarenakan proses penuaan. Efek antioksidan pada jahe dibuktikan oleh beberapa penelitian yang bisa menghambat reaksi inflamasi pada otak sehingga kinerja otak bisa meningkat.

    Begitu banyak kandungan dan manfaat jahe untuk kesehatan, tidak hanya sekedar melegakan tenggorokan yang sakit namun juga bisa menenangkan pikiran. Jahe sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh seperti untuk fungsi otak, meredakan kram perut yang diakibatkan oleh rasa haid, menurunkan risiko diabetes dan lainnya. Nah, jahe bisa menjadi alternatif obat herbal yang bisa kita gunakan untuk mengatasi penyakit yang kita derita.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Jahe
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar