Syamsuar Surati Tiga Bupati Terkait Kekosongan Wabup

Daftar Isi

    Foto: Gubernur Riau 
     
    LancangKuning.Com, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar mengatakan sudah menyurati tiga bupati di Riau terkait posisi wakil bupati yang masih kosong.
     
    Tiga bupati tersebut yakni Bupati Rokan Hulu Sukiman, Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto dan Bupati Siak Alfedri. Dimana ketiga kepala daerah tersebut saat ini belum memiki pendamping wakil bupati (Wabup).
     
    "Untuk Kekosongan wagub di tiga daerah itu, kami sudah menyurati para bupati. Tujuannya agar bisa segera dikomunikasikan dengan para pengurus partai untuk segera ditunjuk siapa pengisinya," katanya, melansir dari Cakaplah. 
     
    Disinggung khusus pengisian Wabup Siak, yang menurut informasi sudah ada kesepakatan sebelumnya bahwa akan menunjuk kader partai PKS, karena sudah mengusung Syamsuar pada pemilihan gubernur Riau tahun 2018 lalu.
     
    "Kalau untuk Wabup Siak, mana bisa saya menentukan. Karena waktu itu ada empat partai yang mengusung kami (Syamsuar-Alfedri) pada pemilihan bupati dan wakil bupati Siak, jadi empat partai inilah yang nantinya akan berembuk siapa yang akan dipilih mengisi posisi Wabup," ujarnya.
     
    Sementara itu, Kepala Biro administrasi pemerintahan dan otonomi daerah Pemprov Riau, Sudarman mengatakan, meskipun sudah mengirimkan surat, namun Pemprov Riau hanya bisa sebatas mengingatkan, sebab keputusan untuk mengusulkan nama wakil bupati sepenuhnya ada di partai pengusun.
     
    "Karena usulan nama calon wakil bupati itu adalah kewenangan partai pengusung saat Pilkada sebelumnya. Jadi kami hanya bisa mengingatkan saja," katanya.
     
    Setelah usulan nama wakil bupati diusulkan oleh partai pengusung, sebut Sudarman, kemudian dibawa ke DPRD Kabupaten untuk diparipurnakan. Setelah itu baru diajukan ke pemerintah kabupaten. Selanjutnya pemerintah kabupaten meneruskan ke Pemprov Riau.
     
    "Setelah itu kita Pemprov Riau meneruskannya ke Kemendagri untuk ditetapkan SK pengangkatanya," cakapnya.
     
    Seperti diketahui, Sukiman didefinitifkan menjadi Bupati Rohul setelah bupati sebelumnya yakni Suparman tersangkut masalah hukum sehingga ia diangkat menjadi penggantinya.
     
    Sementara itu, Catur Sugeng Susanto diangkat menjadi Bupati Kampar definitif setelah bupati sebelumnya yakni Aziz Zaenal meninggal dunia.
     
    Selanjutnya, Alfedri dilantik menjadi Bupati Siak setelah bupati sebelumnya yakni Syamsuar mengundurkan diri setelah terpilih menjadi Gubernur Riau berpasangan dengan Edy Natar Nasution. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Syamsuar Surati Tiga Bupati Terkait Kekosongan Wabup
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar