5 Cara Puasa Tetap Lancar Bepergian Jauh

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jika kamu menjalankan ibadah puasa dan kamu sedang bepergian jauh, salah satu tantangan yang harus anda lalui adalah menahan diri supaya tidak cepat lelah dan lemas ketika bepergian, apalagi jika perjalanan yang anda lalui lumayan jauh. Tetapi bukan berarti kamu tidak bisa bepergian atau traveling selama berpuasa.

    Jika  kamu sedang traveling atau bepergian selama puasa, ada beberapa tips yang bisa kamu pakai supaya puasa kamu tetap lancar selama bepergian. Berikut ini cara supaya kamu tetap lancar menjalankan puasa walaupun sedang bepergian.

    1. Membawa perbekalan berbuka puasa

    Karena kamu akan melakukan perjalanan yang cukup panjang dan jauh, kamu harus tau bagaimana kondisi tubuhmu dan bersiap siaga dengan bekal selama kamu di perjalanan. Ketika tidak berkesempatan turun dari kendaraan sewaktu berbuka puasa tiba, kamu bisa mengambil bekal yang kamu bawa sebelumnya. Pastikan bekal yang kamu bawa tidak terlalu berat karena bisa mengganggu kamu, membebani dan tidak mudah basi.

    2. Sholat

    Jika kamu bepergian lumayan jauh, dan tidak memungkinkan untuk mampir ke masjid atau mushola, maka lakukanlah sholat jama' dan qashar sehingga puasa kamu tetap berkah dengan menjalankani ibadah wajib. Kamu tak perlu khawatir karena kerugian dalam meninggalkan sholat.

    3. Pilih transportasi yang nyaman

    Karena perjalanan yang jauh akan kamu tempuh, pastikan kendaraan apa yang kamu pilih, apakah aman dan nyaman?. Jika kamu kebagian tempat duduk dan tidak bereskan dengan penumpang lainnya. Akan lebih bagus kamu bepergian setelah buka puasa atau kamu juga bisa pergi setelah sahur supaya puasa tidak terganggu.

    4. Survei lokasi

    Sebelum kamu berangkat, alangkah baiknya kamu melakukan pencarian terlebih dahulu tentang lokasi yang akan kamu tujui. Entah itu tempat berbuka dan sahur, tempat menginap, tempat sholat berjamaah tarawih, dan tempat lain sebagainya hingga aktivitas bulan Ramadhanmu tetap terlaksana walaupun  jauh dari rumah. Jika ingin menambah banyak pahala  atau ibadah selama bulan ramadan, kamu juga bisa membawa Al Qur'an dalam perjalanan jauh kamu. Karena banyak waktu senggang selama perjalanan, dan kamu dapat mengisi waktu tersebut dengan membaca Al Qur'an. Jika repot membawa Al Qur'an fisik atau al Qur’an yang biasa kamu pakai, kamu juga membaca al Qur’an lewat aplikasi di ponsel

    6. Makan tidak berlebihan

    Makan dengan tidak berlebihan ketika berbuka dan sahur. Makan berlebih dapat menyebabkan kantuk bahkan menyebabkan rasa lapar yang cepat ketika sedang kamu bepergian.

    7. Gunakan payung

    Payung sangat berguna untuk menghalangi hujan dan menghalangi matahari. Dengan menggunakan payung di bawah matahari, dapat mengurangi cairan tubuh yang menguap, halangi dehidrasi.

    8. Berbuka dengan yang manis

    Berbuka dengan yang manis dan berkualitas dapat membuat tubuhmu tetap fit dan berenergi supaya perjalanan dan menikmatinya. Dengan memilih minuman atau makanan yang manis alami dan berkualitas seperti madu, jus buah dan kurma dan yang lainnya.

    Nah, itu dia cara agar ibadah puasa bulan Ramadan tetap bisa berjalan lancar meski sedang bepergian.(Ilham)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 5 Cara Puasa Tetap Lancar Bepergian Jauh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar