Kurma Pilihan Utama Saat Berbuka Puasa

Daftar Isi

    Foto: Kurma (Net)

    LancangKuning.Com, PEKANBARU - Bulan suci Ramadhan telah tiba,saatnya umat muslim kembali menunaikan ibadah puasa. Selain iman yang kuat, tubuh yang sehat sangat lah penting dalam menjalani ibadah puasa di bulan yang suci ini.

    Kebugaran tubuh dapat diperoleh dengan menu buka puasa yang  tepat yaitu, makanan yang mengandung rasa manis dan menyegarkan hari anda, serta memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh yang menyempurnakan puasa anda.

    Kurma menjadi makanan yang paling di cari dan di gemari oleh masyarakat Indonesia sejak dulu.Karena kurma merupakan buah yang di anjurkan nabi sebagai salah satu makanan utama untuk di santap saat berbuka puasa.

    Dengan rasanya yang manis, tekstur daging nya yang tebal dan lembut,serta khasiatnya yang luar biasa tentu kurma akan menjadi pengganti sumber tenaga yang berkurang setelah menjalani ibadah puasa seharian.

    Tak heran jika kurma menjadi menu utama pada saat berbuka puasa di bulan suci Ramadhan.

    Sejak zaman dahulu kurma dijadikan menu pilihan favorit untuk berbuka puasa. Pasalnya, buah yang banyak tumbuh di gurun pasir ini memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk perut kosong.

    Baca Juga: Ini Tips Diet Saat Berpuasa, Selamat Mencoba

    Pertama, kurma sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Setelah seharian penuh menahan haus dan lapar, buah ini mampu mengembalikan tenaga.

    Kedua, kurma kaya serat, sehingga mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam usus. Buah ini juga mampu mempermudah proses buang air besar.

    Selain itu, kurma mengandung senyawa antioksidan polifenol flavonoid. Kandungan tersebut berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi dan peradangan di dalam tubuh akibat paparan radikal bebas. Dan kurma memiliki vitamin A.

    Demikian penjelasan tersebut disampaikan oleh salah satu Dosen Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Suska Riau melalui Aplikasi WhatsApp, Jumat (10/5/2019) kemarin.

    Kemudian, hal ini berhubungan dengan Sunnah nabi Muhammad,yaitu berbuka puasa dengan kurma dan air putih. Artinya kurma adalah takjil yang tidak memberatkan pencernaan.

    "Kurma sangat bagus untuk kesehatan dan kita juga sudah dianjurkan oleh Rasulullah untuk mengkonsumsi kurma di saat berbuka puasa," ujar mahasiswa semester 4 jurusan agribisnis pertanian, UIR.

    Buah asal timur tengah ini kerap dihidangkan sebagai menu utama berbuka puasa di Masjid, Pesantren,Panti asuhan, maupun di rumah dan dimana saja.

    Jika mengkonsumsi kurma disaat berbuka puasa secara rutin selama bulan suci Ramadhan dan dalam kehidupan sehari-hari memang memiliki manfaat-manfaat yang positif bagi tubuh.Namun jangan berlebihan sebab sesuatu yang berlebih itu tidak boleh. (LKC)

     

    Laporan: Rillis Yusfika Anggraini

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kurma Pilihan Utama Saat Berbuka Puasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar