Sering Gagal Buka Puasa Bersama, Ikuti 6 Tips Ini

Daftar Isi

     

    Foto: iStock

    LancangKuning.Com, Jakarta - Bulan Ramadhan biasanya dijadikan momen untuk bersilaturahmi atau reunian dengan kawan lama. Namun yang sering kali terjadi, rencana kumpul-kumpul untuk buka puasa bersama hanya menjadi wacana.

    Mungkin kamu sering melihat meme atau lelucon di media sosial, yang isinya berupa obrolan antar anggota di grup chat, merencanakan buka puasa bersama. Ajakan bukber disambut antusias namun tak ada satu pun yang berinisiatif mengatur pertemuan, sehingga rencana tinggallah rencana yang tak pernah terlaksana, dikutip dari Walipop.
     

    Baca Juga: Cara Menghindari Rasa Kantuk Saat Berpuasa

    Padahal, menjaga tali silaturahmi dengan teman, sanak saudara juga keluarga penting dalam ajaran Islam. Lantas, bagaimana merencanakan buka puasa bersama di Bulan Ramadhan agar tidak hanya jadi wacana? Ini tips nya.

    1. Rencanakan dari Jauh-jauh Hari

    Jika ingin acara buka puasa bersama dihadiri lebih dari 10 orang, maka kamu perlu merencanakannya dari jauh-jauh hari, minimal dua minggu sebelum hari H. Hal ini penting untuk menentukan ketersediaan waktu masing-masing orang yang akan berpartisipasi dalam bukber.

    2. Tentukan Tanggal dan Waktu

    Tanggal dan waktu jadi hal krusial jika ingin buka puasa bersama sukses terlaksana. Setidaknya tunjuk satu orang yang bertugas mencocokkan waktu agar semuanya bisa hadir. Idealnya, waktu berkumpul 2-3 jam sebelum tiba saatnya buka puasa.

    3. Tentukan Tempat

    Lokasi buka puasa bersama sebaiknya dipilih yang strategis. Artinya bisa dijangkau dengan mudah baik menggunakan mobil pribadi maupun kendaraan umum.

    4. Pertimbangkan Bujet

    Sebelum menentukan tempat, ketahui terlebih dahulu bujet yang sekiranya bisa dikeluarkan sebagian besar anggota grup. Jika bujetnya lumayan besar bisa memilih restoran fancy.

    Namun bila bujet terbatas kamu bisa mempertimbangkan untuk membuat acara di rumah dengan konsep potluck. Setiap orang yang datang membawa setidaknya satu menu untuk disantap bersama. Baik itu minuman, camilan, dessert ataupun makanan berat.

    5. Aktif Berkomunikasi

    Hanya mengharapkan satu orang mau mengatur acara kumpul-kumpul tidak akan membuat rencana bukber terlaksana. Harus ada setidaknya 2-3 orang yang aktif menghubungi dan mengingatkan di grup chat untuk memastikan mereka benar-benar bisa/mau datang.

    Baca Juga: Pemerintah Pusat Tunda DBH ke Pemprov Riau, Ini Reaksi Gubri

    6. Sistem Booking Tempat

    Booking tempat bisa menjadi jaminan acara bukber kamu bisa terwujud dan tak sekadar wacana. Informasikan kepada semua anggota di grup chat, kalau kamu akan memesan tempat sesuai jumlah peserta bukber. Dengan begitu mereka jadi merasa seolah punya 'kewajiban' untuk datang.

    Trik ini memang tidak menjamin semua peserta bukber datang 100 persen. Tapi sekurang-kurangnya 50-60 persen dari mereka akan hadir.

    Selamat mencoba! (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sering Gagal Buka Puasa Bersama, Ikuti 6 Tips Ini
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar