Cara Menghindari Rasa Kantuk Saat Berpuasa

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Di bulan Ramadhan ini, waktu tidur anda pasti akan berkurang sebab anda harus bangun lebih awal untuk menyiapkan hidangan sahur, jika biasanya anda tidur jam 10 malam dan bangun jam 5 subuh maka waktu rata-rata anda tidur adalah 7 jam, namun berbeda pada bulan Ramadhan ini, kamu harus bangun lebih awal sekiranya 1 jam lebih cepat dari biasanya, menurut penelitian dari  Journal Of Sleep Research bahwa hal ini akan mengakibatkan berkurangnya durasi tahap tidur.

    Berkurang nya waktu tidur pulas anda dapat menyebabkan anda merasa ngantuk di siang harinya, di tambah lagi dengan kondisi tubuh lemas dan lesu di saat berpuasa maka dari pada itu saya akan memberikan bagaimana cara mengatasi rasa kantuk saat berpuasa.

    1. Bergerak atau jalan kaki

    Jika anda berfikir pada saat berpuasa, anda banyak bergerak atau berjalan kaki dapat menyebabkan anda merasa cepat haus, hal tersebut tidaklah semuanya benar,

    Di amerika seorang ahli melakukan survey terhadap ratusan orang, ahli tersebut mengatakan bahwa dengan kita berjalan kaki selama 10 menit dapat meningkatkan energy kita untuk 2 jam ke depan. Hal tersebut dikarenakan pada saat kita berjalan tubuh mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otot, dan otak. Dan rasa kantuk yang terjadi biasanya dikarenakan karena kurangnya oksigen yang masuk ke otak.

    1. Mengobrol

    Rasa kantuk terkadang bisa datang di sebabkan rasa bosan pada diri kita, oleh sebab itu ajaklah teman anda mengobrol atau membahas hal-hal yang menarik, dengan mengobrol tubuh akan meningkatkan tingkat kewaspadaan dan membuat otak lebih berkonsentrasi.

    1. Ganti Pemandangan

    Jika anda adalah seorang pekerja yang selalu berkerja di depan layar komputer, maka hal tersebut dapat menyebabkan mata anda menjadi  cepat lelah yang mengakibatkan anda  cepat mengantuk, maka dari itu usahakan untuk tidak selalu menatap layar komputer, biasakan diri anda untuk dapat mengalihkan pandangan anda dari depan layar komputer  dalam jangka  sekiranya 20 detik, maka hal itu dapat membantu mata anda agar tidak mudah lelah. Dan lakukan hal ini secara berulang ulang.

    1. Nyalakan Lampu Atau Cari Cahaya Sinar Matahari

    Jika mata anda kekurangan cahaya maka dengan otomatis mata merespon bahwa di waktu tersebut saat nya untuk beristirahat, maka untuk mencegah hal tersebut terjadi hidupkanlah lampu di ruangan anda bekerja, atau carilah cahaya sinar matahari secara langsung, anda dapat membuka jendela atau yang lainnya agar cahaya dapat masuk ke ruangan anda bekerja.

    1. Tidur Siang Sejenak

    Jika anda telah melakukan berbagai cara dan anda masih tetap mengantuk, usahakan untuk tidak terlalu memaksakan tubuh anda, berilah sedikit waktu untuk agar tubuh anda dapat beristirahat, namun jangan sampai tidur hingga kelamaan, karena jika anda tidur kelamaan hal tersebut malah dapat menyebabkan tubuh anda semakin lemas, karena jam biologi tubuh terganggu, seorang spesialis penyakit dari pakar gangguan tidur mengatakan bahwa jam tidur siang cukup di lakukan hanya dalam waktu 5-25 menit saja, jika anda tidur lebih dari waktu tersebut tubuh anda bisa saja menjadi lebih lemas.

    Itulah beberapa cara menghindari rasa kantuk saat berpuasa, lakukanlah hal tersebut secara berulang dan tubuh anda akan dapat menahan rasa kantuk itu.(Abrar) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Menghindari Rasa Kantuk Saat Berpuasa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar