Tokopedia Vs Jd.id

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Tokopedia merupakan salah satu situs terbaik untuk jual beli online dan juga  merupakan salah satu inovasi yang begitu luar biasa, tokopedia  booming sejak  pada tahun 2014 yang lalu, eksistensi nya terus meningkat dengan sangat cepat dan dalam waktu sekejab saja  tokopedia sudah menjadi marketplace yang  banyak diminati masyarakat Indonesia.

    Tokopedia

    Tokopedia juga mempunyai beberapa kelebihan serta kekurangan, memang tak ada gading yang tak retak, setidaknya setiap inovasi lah yang membuah segala sesuatu menjadi lebih baik dan indah :

    Kelebihan Tokopedia

    1. Penampilan website di tokopedia adalah yang paling utama, dengan dominasi warna hijau yang terkesan sangat segar dan pastinya simpel.

    2. Dapat di akses secara gratis pastinya.

    3 .Loading website Tokopedia cukup ringan dan tidak lambat ketika di akses, terutama di bagian pada halaman toko, produk yang dijual  sangat minimalis tapi informatif.

    4. Bagian pada penambahan daftar produk  sangat jelas dan tepat, serta pilihan kategori produk lebih bervariasi dan memiliki fitur harga grosir.

    5. Fitur pada Preorder, untuk produk yang butuh pemrosesan lebih lama, terutama  barang  dari impor.

    Kekurangan Tokopedia

    1. Baik itu website maupun aplikasi tokopedia sering  error, serta mulai dari notifikasinya sering nyangkut, notifikasi telat dan sering lemot.

    2. Terlalu sering  Maintenane, sehingga ketika dibuka baik itu aplikasi atau websitenya  sering  bermunculan  bug dan error.

    3. Setelah dilakukan maintenance walaupun hanya beberapa jam, tapi problem nya menyusul hingga 1 – 2 hari, mulai dari foto yang hilang, lemot dan ketidaksesuaian data toko.

    4. Tidak memiliki pilihan untuk mem-blacklist pembeli atau pelanggan.

    5. Terkadang bisa direpotkan oleh pembeli yang merupakan dropshipper.

    6. Baik pembeli maupun penjual tidak bisa mengirimkan foto atau link, baik itu melalui diskusi maupun pesan pribadi.

    Jd.Id

    Jd.id merupakan sebuah perusahaan mal daring (e-commerce) yang beroperasi di Jakarta, Indonesia. JD.ID didirikan dan di bentuk sebagai kerja sama dengan JD.com dan sebuah partner yang ada di Indonesia. JD.com merupakan salah satu toko B2C daring terbesar di negara China secara jumlah transaksi. JD.com adalah “rival terbesar Alibaba, sang pemimpin pasar China. Di Indonesia, JD.ID bekerja sama dengan Provident Capital.

    Kelebihan Jd.id

    1. Memiliki banyak diskon belanja

    Kelebihan pertama yang dimiliki oleh situs perusahaan Jd.id adalah memiliki banyak diskon, diskon yang diberi dari Jd.id banyak ragamnya dan pastinya murah antara lain yaitu diskon voucher hingga Rp 500 ribu,   diskon produk hingga Rp 3,2 juta, mendapat cashback hingga mencapai Rp 1,2 juta serta bonus langsung berupa sebuah earphone USB flashdrive 3.0 untuk  dan earphone untuk tergantung pembelian produk tertentu.

    2. Memiliki kerja sama yang luas.

    Kelebihan lain dimiliki Jd.id yaitu memiliki kerja sama yang sangat kuat dan cukup luas. Hal ini dikarenakan dengan resminya bekerja sama antara Jd.id dengan Ecopan. Ecopan merupakan sebuah brand perlengkapan alat memasak premium yang dijual dengan secara online.

    3. Pembayaran melalui Jd.id sangat mudah

    Kelebihan yang lainnya dimiliki Jd.id adalah, e-commerce juga memberikan kemudahan dalam cara pembayaran melalui situs Jd,id  , pembayaran dapat melalui banyak cara seperti dengan transfer antar bank, kartu kredit, cicilan 0%, debit online, maupun COD (bayar uang tunai langsung di tempat saat barang sampai di tujuan).

    Kekurangan Jd.id

    1. Pelayanan kurang dipercaya

    Kekurangan yang dimiliki Jd.id adalah, sistem pelayanan yang terdapat di situs Jd.id kurang dapat dipercaya. Hal ini dikarenakan ada beberapa orang  me review mengenai keluhan pelanggan mengenai pelayanan Jd.id. Pelayanan oleh pihak Jd.id dianggap kurang memuaskan konsumen, baik dari segi pengiriman dan maupun dari segi harga barang yang dijual.

    2. Kurang populer di kalangan masyarakat

    Jika Jd.id dibandingkan dengan situs online yang juga memilki e-commerce seperti Lazada, Jd.id bisa dikatakan jauh dibawah lazada kepopulerannya. Itu dikarenakan karena barang yang dijual di situs perusahaan Jd.id tidak lengkap dan masih banyak kurang dalam suatu produk yang dijual.

    Sehingga masyarakat lebih memilih beralih ke situs belanja online ke tetangganya, yaitu Lazada. Jika Jd.id memiliki barang yang dijual di situs nya lengkap dan apa yang di inginkan konsumen selalu ada, bisa saja Jd.id banyak diminati lagi oleh masyarakat Indonesia.

    3. Produk di Jd.id bisa dikatakan kurang begitu lengkap

    Kekurangan lainnya dari situs belanja online di Jd.id yaitu, barang yang tersedia atau barang yang dijual bisa dikatakan belum begitu lengkap. Jika dibandingkan dengan e-commerce yang telah populer seperti Lazada, produk yang dijual di Jd.id belum begitu lengkap. Hal ini dikatakan berdasarkan review pelanggan yang menggunakan atau berbelanja di jasa Jd.id.

    Perbedaan dan persamaan dari kedua situs bisnis ini sangat berbeda, dari mulai harga dan keamanan yang di dapat. Tapi tujuan kedua situs ini sama yaitu melayani setiap orang yang ingin bepergian keluar kota atau keluar negeri dan juga melayani orang yang  ingin membeli tiket pesawat dan berbagai macam tiket lainnya. Semua tergantung kepada kamu yang ingin membooking tiket atau hotel lewat  situs yang mana kamu inginkan.(Qoir)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tokopedia Vs Jd.id
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar