Tips Menghilangkan Stress Menghadapi Ujian

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ujian adalah cara yang digunakan oleh sekolah untuk melihat sejauh mana kemampuan para siswa nya saat bersekolah, ujian sendiri di lakukan 2 kali dalam jangka waktu 1 tahun, biasanya ujian di laksanakan setelah 6 bulan melaksanakan proses belajar mengajar. Namun dengan system ini bisa saja membuat para siswa menjadi stress, sebab siswa di haruskan mengingat ulang pelajaran dari awal semester hingga akhir semester.

    Namun dengan adanya system ini banyak siswa yang menjadi stress, hal tersebut di sebabkan siswa harus mengulang lagi pelajaran dari awal hingga akhir dalam jangka waktu yang relatif singkat, hal tersebut menjadikan siswa harus berfikir keras untuk mengingat kembali semua pelajaran yang ada.

    Oleh sebab itu saya akan memberikan tips bagaimana cara menghilangkan stress saat menghadapi ujian

    1. Pastikan Anda Telah Siap Mental

    Hal pertama yang harus anda siapkan sebelum melaksanakan ujian adalah mental, mental yang kuat dapat membantu anda untuk percaya diri saat menghadapi ujian, hal tersebut dapat membantu tubuh anda tetap rileks dan tidak tegang saat ujian berlangsung.

    1. Jaga Kesehatan

    Menjaga kesehatan adalah salah satu yang wajib anda lakukan sebelum melaksanakan ujian, hal tersebut harus anda lakukan agar pada saat anda ujian anda tidak mudah lelah, dan apabila anda sakit pada saat ujian tubuh anda pasti akan lesu dan tidak bersemangat , hingga hal tersebut dapat menyebabkan nilai ujian anda menjadi tidak baik.

    Salah satu cara yang harus anda lakukan untuk menjaga kesehatan yaitu jangan lupa sarapan di pagi hari, dan jaga selalu tubuh anda agar tidak terlalu lelah tau kecapean.

    1. Belajar

    Hal ketiga yang harus anda lakukan adalah belajar, belajar adalah cara anda dapat meningkat kembali pelajaran lama yang telah anda pelajari sebelum nya, namun perlu anda ingat bahwa anda harus mengatur pola belajar anda, agar otak anda tidak menjadi tertekan. Jika otak anda tertekan maka anda tidak akan bisa mencerna apa yang anda pelajari. Maka dari pada itu sebaiknya anda tidak memaksakan apabila anda tidak dapat mencerna pelajaran tersebut.

    1. Jangan Ragu bertanya

    Jangan ragu untuk bertanya, apabila ada pelajaran yang tidak dapat anda cernai, jangan ragu untuk bertanya kepada teman anda ataupun kepada guru anda, sebab hal tersebut dapat mengurangi beban dalam pikiran anda. Dimana anda akan terbantu dengan mereka yang dapat menerangkan pelajaran yang tidak dapat anda kuasai.

    1. Berpikirlah Dengan Logis dan Realistis

    Yang selanjutnya yang harus anda lakukan adalah berpikir dengan logis, hal tersebut dapat membantu anda untuk menentukan mana yang baik dan mana yang buruk yang harus di lakukan sebelum ujian berlangsung, berpikir dengan logis dan realistis juga dapat menambah semangat anda untuk belajar.

    1. Hindari Orang-orang Yang Dapat Menggangu Konsentrasi Anda

    Hal terakhir yang harus anda lakukan adalah menghindari orang yang dapat mengganggu konsentrasi anda, banyak orang di sekeliling kita yang bisa saja mengganggu  konsentrasi anda pada saat anda belajar ataupun pada saat ujian sedang berlangsung, di sarankan untuk anda menghindari orang-orang tersebut agar anda dapat tetap konsentrasi dalam belajar.

    Enam hal tersebut adalah tips bagaimana cara untuk menghilangkan stress saat menghadapi ujian.(Abrar)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Menghilangkan Stress Menghadapi Ujian
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar