Bahasa Pemrograman yang Sering Digunakan Membuat Aplikasi Android

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jika kalian seorang programmer, pastinya kalian sudah tahu apa itu bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman adalah instruksi sederhana yang gunanya untuk memerintah komputer supaya menjalankan perintah atau fungsi tertentu. Bahasa ini terbagi menjadi 4, antara lain :

    1. Bahasa Mesin

    Bahasa ini memberikan perintah ke komputer dengan kode biner (bahasa biner) seperti 10010011001.

    1. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah

    Bahasa ini disebut juga bahasa rakitan (bahasa assembly), yaitu memerintah ke komputer denagn kode yang singkat. Contohnya CMP, JGE, JL dan masih banyak lagi.

    1. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah

    Bahasa ini menggunakan bahasa campuran, yaitu bahasa instruksi dan bahasa manusia.

    1. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi

    Bahasa ini menggunakan instruksi yang berasal dari bahasa manusia, contohnya end, if, for, dan masih banyak lagi. Agar bisa dimengerti komputer, diperlukannya program interpreter atau compiler.

    Bahasa pemrograman yang sering kita gunakan adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi.  Kali ini lancangkuning.com akan membahas bahasa pemrograman tingkat tinggi, tetapi yang digunakan untuk membuat aplikasi android.

    Berikut bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat aplikasi android yang telah lancangkuning.com himpun :

    1. Bahasa Java

    Bahasa java pernah menjadi bahasa pemrograman yang paling popular pada tahun 2017 silam. Penyebabnya karena rata-rata kebanyakan bahasa pemrograman android menggunakan bahasa java. Agar bisa membuat aplikasi android dengan bahasa java, anda bisa menggunakan IDE atau tools. IDE dan tools ini bisa anda temui di Android Studio atau Eclipe, sekarang orang lebih banyak menggunakan Android studio dibandingkan Eclipe karena Android Studio didukung penuh oleh Google sedangkan Eclipe sudah tidak lagi.

    1. Bahasa C++

    Bahasa ini sudah ada sebelum kemunculan java. Bahasa ini termasuk yang didukung oleh Google. C++ termasuk kedalam bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh developer di dunia. Untuk membuat aplikasi dengan bahasa C++, bisa digunakan tools Android Studio.

    1. Bahasa Kotlin

    Bahasa kotlin dibuat oleh JetBrains. JetBrains adalah perusahaan yang dikenal membuat IDE seperti RubyMine, PhpStrome, Android Studio, dan lain-lain. Kotlin diciptakan untuk melengkapi kekurangan pada bahasa java. Kotlin diklaim lebih simple daripada java. Bahasa ini dapat berjalan dengan bahasa java dan bisa anda gunakan library java.

    Jika anda ingin membuat aplikasi dengan bahasa kotlin, anda bisa menggunakan :

    • Android Studio.
    • Eclipse.
    • Intellij IDEA.
    1. Bahasa Dart

    Bahasa ini dikembangkan langsung oleh Google. Tak hanya dart, Google juga mengembang bahasa pemrograman lainnya. Dart adalah bahasa yang open source. Dart dapat digunakan pada system Android maupun iOS. Bahasa ini bisa digunakan pada platform mobile, website, server dan Internet of Things(IoT). Dart sangat mudah dipelajari dan disebarkan.

    Anda bisa menggunakan tools flutter jika ingin menggunakan bahasa ini umtuk membuat aplikasi android.

    1. Bahasa C#

    Bahasa ini bisa juga digunakan untuk membuat aplikasi android. Apabila kamu sudah tahu dasar tentang bahasa C# (C Sharp), maka kamu tidak akan kesulitan untuk membuat aplikasi android dengan bahasa ini.

    Tools yang dapat kamu digunakan adalah Xamarin. Pada Xamarin terdapat 2 IDE yaitu :

    • Xamarin Studio
    • Xamarin Microsoft Visual Studio

    Jika kamu menggunakan Windows OS maka kamu bisa menggunakan Xamarin Microsoft Visual Studio dan Mac OS kamu bisa menggunakan Xamarin Studio.

    Sekian bahasa pemrograman yang sering digunakan membuat aplikasi android yang dapat lancangkuning.com paparkan.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Bahasa Pemrograman yang Sering Digunakan Membuat Aplikasi Android
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar