Menu Diet Puasa Ramadhan       

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bulan puasa adalah  bulan penuh rahmat, bulan yang dinanti-nanti oleh semua umat muslim yang ada di dunia. Tetapi banyak orang yang sudah berangan-angan untuk diet tetapi banyak yang gagal atau tidak kesampaian. Oleh karena itu diet bukan hanya tidak makan atau mengurangi makan saja tetapi juga menentukan menu pada makanan yang kita makan. Tetapi banyak orang yang malah naik berat badannya selama bulan puasa.

    Jadi supaya anda bisa tampil prima ketika hari lebaran dan tetap ideal dan percaya diri dengan berat badan anda, ini beberapa menu diet yang bisa kamu coba saat bulan puasa Ramadhan.

    1. Banyak makan serat dan protein saat sahur dan berbuka puasa

    Ini merupakan hal yang perlu anda perhatikan saat sahur dan berbuka puasa, menu yang kaya akan protein dan serat tentunya lebih bagus dari pada menu yang memiliki kalori tinggi. Makanan yang berserat tinggi akan mudah dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama. Anda bisa lebih cepat merasa kenyang seharian tanpa kelaparan selama berpuasa. Makanan yang memiliki serat tinggi juga akan membantu menekan nafsu makan sehingga saat makan malam setelah buka puasa anda malah kebanyakan makan.

    1. Hindari minum dan makan yang manis

    Meskipun pada umumnya banyak orang yang berbuka puasa dengan minum dan makan yang manis-manis untuk mengembalikan energi, tapi itu tidak boleh jika di konsumsi secara berlebihan karena itu akan disimpan sebagai lemak di dalam tubuh sehingga akan mengacaukan diet. Saat berpuasa produksi isulin akan menurun. Padahal kita tau bahwa insulin itu berfungsi mengubah gula menjadi sumber energi.

    1. Makan kurma

    Buah Kurma bisa dibilang menu wajib yang ada dalam menu diet saat puasa, buah kurma memiliki sumber energi yang baik dan akan segera mengembalikan energi yang hilang saat bulan puasa. Selain itu, buah kurma ini juga banyak mengandung serat yang bisa mengatur pergerakan sistem pencernaan anda.

    1. Nasi Merah

    Anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah agar anda selalu kuat selama bulan puasa. Nasi merah atau beras merah ini juga memiliki kandungan gula yang sangat rendah. Nasi merah ini sangat cocok untuk menjalankan diet anda selama bulan puasa. Pada nasi putih memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi, sehingga akan beresiko menaikkan kadar glukosa dalam darah anda. Anda bisa menggantinya dengan makan atau mengkonsumsi nasi merah ini. Jangan pernah meninggalkan nasi dalam menu diet anda karena tubuh anda pasti memerlukan karbohidrat sebagai tenaga agar tubuh anda menjadi kuat.

    1. Gunakan ikan sebagai lauk makan anda

    Ikan merupakan menu makanan yang sehat saat anda diet. Anda bisa memilih salah satu jenis ikan yang akan masak untuk menu puasa. Sebaiknya memilih ikan tuna dan ikan salmon, karena ikan ini banyak mengandung omega 3 yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam darah anda. Akan tetapi anda juga harus memperhatikan cara memasak ikan yang ingin anda konsumsi. Ingat, ketika diet anda sebaiknya memasak ikan dengan cara dipanggang, direbus atau di bakar.

    Jika menurut anda ikan salmon dan ikan tuna terlalu mahal, maka anda bisa menggantinya dengan ikan gurami. Anda bisa mensajikan dengan sayur tomat, buncis, dan lemon. Anda bisa mencoba menu diet tersebut untuk tetap menjaga tubuh anda menjadi ideal.(Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Menu Diet Puasa Ramadhan       
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar