Efek Samping Ibu Hamil Ngidam Es Batu

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ngidam adalah salah satu hal yang kerap terjadi pada saat hamil. Akan tetapi, sebagian dari kehamilan mengidam makanan dan minuman yang aneh. Seperti ngidam es batu. Apakah Es Batu ini akan berbahaya pada ibu hamil?

    Sampai sekarang ini, mengkonsumsi es batu pada saat hamil masih terdapat pro dan kontra. Sebagian orang menganggap apabila mengkonsumsi es batu pada saat hamil dapat membawa efek negative bagi kandungan, akan tetapi sebagian nya lagi ada juga yang beranggapan jika es batu ni akan memberikan manfaat bagi ibu yang sedang hamil.

    Akan tetapi, Andrei Rebarber  , MD, Direktur Asosiasi di NYU Medical Center di New York menerangkan “Ada beberapa teori bahwa kondisi tersebut adalah cara tubuh untuk memenuhi nutrisi yang kurang, bisa terpenuhi dari makanan yang di inginkan. Kecenderungan jika mengkonsumsi es batu juga bisa menimbulkan gejala Anemia Defisiensi zat besi yang pada umumnya terjadi  selama proses kehamilan, dan gejala stress berat juga sebagai salah satu cara mengalihkan pikiran berkat sensasi dinginnya”.  

    Pada dasarnya, es batu ini dikatakan akan berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan. Sedangkan, apabila dikonsumsi tidak terlalu berlebihan, maka tidak akan menyebabkan  efek apapun bagi ibu hamil.

    Perubahan pada Hormon dan kondisi fisik pada saat hamil akan menyebabkan kebiasaan. Salah satu hal yang sangat terjadi yaitu pada ibu hamil yang sering dan suka mengkonsumsi es batu  dengan cara dikunyah.  Sebagian besar kondisi akan  terasa mual dan menyebabkan muntah di awal kehamilan.

    Dengan mengunyah es batu, dianggap mempunyai rasa dan juga sensasi yang begitu dingin dan dapat menyegarkan sehingga dapat menimbulkan mual atau pun muntah dan rasa panas di dada akan berkurang.

    Berikut ini adalah efek samping bagi Ibu Hamil ngidam es batu, yaitu :

    • Munculnya keinginan Makan Tertentu Pada Ibu Hamil

    Ini sudah menjadi rahasia ketika ibu hamil menyukai makanan yang unik atau dikenal sebagai ngidam. Hal itu sebenarnya wajar terjadi karena ada perubahan Hormon pada ibu hamil yang dapat membuat tubuh akan merasakan perubahan, salah satunya nafsu makan.

    Namun, ngidam yang baik pada ibu hamil yaitu ingin makan makanan yang bergizi atau layak dikonsumsi. Seperti buah buahan atau makanan yang sehat.

    Apabila makanan yang disukai yaitu makanan yang tidak sehat atau tidak bergizi maka hal tersebut justru akan mengakibatkan risiko yang tidak baik.

    • Memicu Sakit atau radang tenggorokan
    • Menimbulkan kerusakan gigi dan gusi
    • Memperberat Metabolisme tubuh dikarenakan tubuh kita ini  harus menyesuaikan suhu cairan es agar dapat diserap dengan baik.
    • Menganggu kesehatan kehamilan.

    Selain itu juga, anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa ara untuk mengatasi keinginan ibu hamil agar tidak mengkonsumsi es batu, antara lain :

    Mengganti konsumsi es batu dengan buah beku

    Buah ini merupakan makanan yang sehat untuk kesehatan apalagi pada ibu hamil. Agar kebiasaan tersebut dapat memberikan manfaat, maka harus menggantikan es batu dengan buah – buahan.

    Memenuhi kebutuhan zat besi

    Hal itu merupakan hal yang sangat terpenting bagi kesehatan ibu hamil. Kondisi ini bisa mengatasi agar tidak terjadinya Anemia dan mengurangi keinginan konsumsi makanan yang kurang bagus.(Ririn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Efek Samping Ibu Hamil Ngidam Es Batu
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar