China Rilis 13 Pekerjaan Teknologi, Pemain eSport Hingga Pilot Drone

Daftar Isi


    Foto :vstory, Pertandingan eSports di Asian Games 2018

    LancangKuning.Com, CHINA – Di era teknologi, pemerintah China baru saja mengakui 24 jenis profesi baru, di antaranya ialah artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI), Internet of Things hingga eSports. Meskipun profesi baru itu tidak memberi manfaat secara langsung pada ekonomi negara, namun pengumuman ini menandakan pemerintah akan mendukung bidang tersebut di masa depan.

    Dilansir dari South China Morning Post, Minggu 7 April 2019, Kementerian Sumber Daya Manusia dan Jaminan Sosial menerbitkan 13 jabatan baru, mencakupgamer profesional, pilot drone, operator robotik dan insinyur perangkat lunak di bidang AI, IoT, big data dan cloud computing.

    Profesi ini telah disetujui sejak 1 April 2019 oleh tiga badan pemerintah, termasuk China Statistic Bureau dan Kementerian Sumber Daya Manusia. Rancangannya sendiri telah dibangun sejak awal tahun. Hal ini juga menandakan bahwa pemerintah telah memasukkan daftar pekerjaan baru, setelah terakhir dilakukan pada 2015.

    Daftar yang telah mereka umumkan juga berfungsi sebagai panduan untuk pembuatan kebijakan dan peraturan tentang menciptakan pekerjaan baru, menawarkan pelatihan kejuruan dan menilai standar keterampilan profesional.

    Negeri Tirai Bambu itu ingin memimpin dunia dalam industri teknologi tinggi, seperti AI dan robotika di bawah program Made in China 2025. Kemajuan yang telah mereka buat bahkan membuat kaget negara-negara Barat dan menganggapnya bermain secara tidak adil.

    Sejak 2017 di mana China mendeklarasikan AI sebagai strategi nasional, mereka telah merekrut raksasa teknologi, seperti Baidu, Tencent Holding dan Alibaba Group Holding untuk mengerjakan proyek pemerintah di bidang AI.

    Kemudian mereka mengumumkan rencana Kota Shanghai dan Hangzhou untuk menjadi pusat eSports terkemuka di dunia. Upaya yang mereka buat termasuk membangun kawasan industri dan memberikan beasiswa.

    Pada 2003 mereka telah mengakui eSport sebagai olahraga resmi yang diawasi oleh otoritas olahraga. Asian Games 2022 yang akan diadakan di Hangzhou juga akan menghadirkan kompetisi eSport sebagai cabang olahraga resmi. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel China Rilis 13 Pekerjaan Teknologi, Pemain eSport Hingga Pilot Drone
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar