Makanan Khas di Kabupaten Kaur

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Bintuhan kabupaten Kaur terletak di provinsi Maluku. Kabupaten Kaur ini sangat banyak menyimpan ragam makanan yang sangat enak dan menjunjung  akan rasa yang  khas disana.

    Berikut makanan yang khas di Bintuhan kabupaten Kaur yang sangat enak dan harus anda coba ketika berada di sekitar daerah ini. Rasa dari makanan khas di Bintuhan kabupaten Kaur sangat menjunjung akan rasanya yang enak dan keunikan dari rasa makanan disini sangat lah berbeda dari makanan yang ada di beberapa  daerah lainnya.

    1. Bagar Hiu

    Makanan yang satu ini wajib untuk anda coba ketika berada di daerah sekitaran Bintuhan kabupaten Kaur. Sekilas dari tampilan makanan Bagar Hiu  seperti rendang daging, tapi makanan ini tidak menggunakan bahan dasar daging, melainkan dari ikan Hiu yang siap untuk di jadikan pengganti daging tersebut. Berbahan dasar ikan Hiu menjadikan makanan yang satu ini sangat popular dan sangat banyak disukai oleh masyarakat disana. Ikan Hiu yang digunakan dalam makanan ini yaitu ikan Hiu Punai atau ikan Hiu Tanduk, ikan Hiu punai harus dicari yang segar dan bersih. 

    Cara pembuatan dari makanan ini tidak terlalu  susah hanya membutuhkan waktu yang lama dalam membersihkan ikan Hiu yang memiliki bau yang anyir, jadi harus dibersihkan dengan sebaik mungkin agar bau anyir dari ikan Hiu hilang. Setelah di bersihkan ikan Hiu di masak dan di campuri bahan-bahan yang khas dari Bintuhan, serta di masak dalam beberapa waktu. Kemudian makanan Bagar Hiu sudah terlihat matang maka langsung di sajikan dan siap untuk dimakan bersamaan dengan nasi.

    1. Pendap

    Makanan ini juga termasuk makanan yang khas dari Bintuhan kabupaten Kaur. Pendap memiliki rasa dan keunikan tersendiri dalam menarik perhatian banyak  masyarakat luar Bintuhan  dalam mencicipi makanan ini. Makanan yang satu ini terbuat dari daging ikan segar serta parutan kelapa dan beberapa bumbu-bumbu yang khas berasal dari Bintuhan.

    Cara pembuatan makanan Pendap ini yaitu parutan kelapa di campuri rempah-rempah , kemudian masukkan daging ikan segar kedalam daun keladi, keunikan dari makanan ini yaitu di bungkus dengan daun keladi. Setelah dibungkus dengan daun keladi makanan ini harus di bungkus lagi dengan daun pisang, karena supaya tidak memperoleh hasil yang gatal di mulut ketika dimakan, kemudian direbus dalam air yang mendidih, setelah itu tunggu beberapa menit dan lalu angkat dari air perebusan, lalu makanan Pendap siap untuk di sajikan dan dimakan bersama keluarga.

    1. Gulai Ikan Mungkus

    Makanan yang satu ini sangat banyak ditemui di Bintuhan kabupaten Kaur. Makanan Gulai Ikan Mungkus  berbahan dasar ikan Tawar segar yang di dapat di sungai yang jernih, lalu di proses dan dimasak dengan air santan. Makanan ini memiliki rasa yang sangat khas dan sangat enak ketika dimakan.

    1. Rebusan Asam Undak Liling

    Makanan ini berbahan dasar bambu muda yang sudah di iris tipis, lalu bambu muda yang sudah di iris tipis di rendam dalam beberapa hari agar mendapatkan hasil rasa yang  asam. Setelah itu siapkan gulai liling, gulai liling adalah keong sawah yang sudah di masak dengan santan, kemudian masukkan rebusan bambu tadi kedalam gulai liling, tunggu beberapa menit, ketika sudah terlihat matang lalu angkat dari wajan dan makanan siap dihidangkan dengan keluarga, tapi lebih enak lagi dimakan secara bersamaan dengan nasi.

    Makanan khas dari Bintuhan kabupaten Kaur juga memiliki daya pikat yang cukup kuat bagi para pengunjung yang datang kesana, karena rasanya yang enak dan keunikannya yang sangat khas menjadikan kabupaten ini sangat terkenal dan popular di kalangan masyarakat dari luar Bintuhan. Makanan tersebut sangat cocok untuk anda coba dan cicipi bersama keluarga anda maupun rekan-rekan anda.(Dimas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas di Kabupaten Kaur
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar