Hal Yang Menyebabkan Kamu Merasa Sakit Saat Haid

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada umumnya wanita sering merasa kesakitan bahkan sampai keringat dingin saat mengalami menstruasi, rasa sakit  ini tidak hanya pada bagian perut saja tetapi juga pada bagian lainnya seperti payudara, pinggang, punggung bagian bawah, dan juga bagian pinggul.

    Tidak hanya itu saja terkadang rasa sakit tersebut juga disertai dengan rasa mual, rasa pusing hingga badan yang terasa pegal-pegal. Tetapi sebagian orang beranggapan itu hanya sebagai faktor hormon yang terjadi saat kita menstruasi, tetapi hal itu tidak hanya sebagai faktor hormon saja, bisa jadi itu adalah tanda dari penyakit yang serius.  Berikut adalah  beberapa penyebab kenapa kamu merasakan sakit atau nyeri saat haid.

    1. Endometriosis

    In i merupakan penyakit yang mana sel-sel lapisan rahim tumbuh di bagian tubuh lain misalnya seperti pada ovarium. Hal ini yang menyebabkan rasa sakit pada bagian bawah.

    1. Penyakit pada radang panggul

    Jika anda merasakan sakit saat haid bisa jadi karena adanya infeksi pada organ reproduksi anda yang biasanya disebabkan oleh penyakit menular seksual.

    1. Fibroid rahim

    Fibroid rahim yaitu tumor non kanker yang bisa jadi menyebabkan anda merasa sakit saat terjadinya haid karena tumor non kanker tersebut memberikan tekanan pada rahim anda sehingga anda merasakan nyeri yang tidak sepertinya saatmerasakan haid.

    1. Adenomiosis

    Ini bisa jadi salah satu penyebab kamu merasakan sakit saat haid, ini merupakan kondisi yang bisa dibilang langka karena terdapat pertumbuhan lapisan rahim yang bisa dibilang dapat mencapai otot rahim. Pertumbuhan ini bisa dibilang adalah hal yang tidak normal karena menyebabkan pembengkakan dan tekanan yang dapat menghasilkan rasa sakit yang lumayan pada saat haid.

    1. Pemasangan alat KB IUD

    Pemasangan alat KB pada umumnya banyak digunakan orang yang sudah menikah yang tujuannya untuk mencegah proses pertumbuhan pertumbuhan sel telur oleh sperma atau pembuahan yang bisa menjadi salah satu penyebab kenapa saat datang haid anda merasa sakit, jika kamu merasakan sakit tersebut dalam jangka waktu yang sangat lama segeralah untuk periksakan ke dokter, karena kita tidak tau apa yang terjadi pada tubuh kita.

    1. Polycystic Ovarian Syndrome

    Ini merupakan salah satu kondisi dimana terganggunya fungsi ovarium pada perempuan yang berada pada masa subur. Pada kondisi ini membuat hormon menjadi tidak seimbang dan salah satu tanda yang paling umum terjadi yaitu tidak teraturnya masa ovulasi anda dan selain itu juga munculnyakista yang banyak pada ovarium.

    1. Penyempitan leher rahim

    Ini merupakan stenosis serviks dimana terjadi karena ;eher rahim yang sangat kecil sehingga aliran haid menjadi kurang lancar dan lambat, ini bisa menyebabkan ketika anda haid akan merasakan sakit dan haid. Jika anda membiarkan ini akan menjadi semakin parah dan dapat menyebabkan endometriosis terjadi.

    Berikut merupakan penyebab mengapa anda merasakan sakit saat haid, dan penyebab tersebut perlu anda ketahui dan anda antisipasi sebagai seorang wanita, karena kita tidak tau apakah  itu hal yang biasa atau malah menjadi penyakit bagi diri kita sendiri. Oleh karena itu, jika anda merasakan nyeri atau sakit yang berlebihan saat haid atau menstruasi anda bisa langsung bertanya kepada dokter atau bisa langsung untuk konsultasi kepada dokter agar anda bisa mengetahui apakah itu tidak apa-apa atau malah ada tindakan selanjutnya yang harus diberikan oleh dokter.(Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hal Yang Menyebabkan Kamu Merasa Sakit Saat Haid
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar