Perbedaan Lemak Darah dan Kolesterol

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Banyak orang yang menganggap lemak darah dengan kolesterol itu sangat berbahaya. Ya, memang berbahaya jika keduanya melebihi 200 miligram di dalam tubuh. Kita sering beranggapan kolesterol dan lemak darah itu sama, padahal keduanya berbeda. Bahkan, fungsi keduanya bagi tubuh sangat berbeda. Lemak darah dan kolesterol tidak hanya berasal dari makanan yang kita konsumsi, tetapi juga di produksi sendiri oleh tubuh yang berfungsi sebagai sumber energy.

    Berikut adalah perbedaan lemak darah dan kolesterol serta faktor dan cara pengobatannya yang perlu anda ketahui.

    Lemak darah

    Lemah darah (trigliserida) adalah  kalori di tubuh yang tidak terpakai kemudian disimpan sebagai penyedia cadangan energi bagi tubuh. Lemak darah atau lipid ini menyediakan dan juga mengangkut sejumlah vitamin yang larut. Lipid banyak jenisnya di dalam tubuh, tapi yang paling kita dengar adalah trigliserida dan koleslesterol.

    Jika seseorang mengonsumsi lemak dalam jumlah yang berlebihan , maka orang tersebut berisiko mengidap lemak darah tinggi. Jika sudah melebihi kadar lemak darah, maka berisiko terkena penyakit stroke dan juga penyakit jantung. Kadar lemak darah bisa diketahui dengan melakukan tes darah. Jika anda mengidap lemak darah tinggi agar risiko munculnya penyakit lain akan dapat dicegah.

    Kolesterol

    Kolesterol berfungsi untuk membantu tubuh memproduksi sejumlah hormone, vitamin D dan juga asam empedu. Kolesterol sangat di butuhkan oleh tubuh untuk membangun sel-sel baru, sehingga tubuh tetap bisa berfungsi normal.

    Kolesterol dibawa protein di dalam darah. Kombinasi keduanya disebut lipoprotein. Lipoprotein ini terbagi 2, yaitu kolesterol jahat dengan kepadatan rendah (LDL) dan kolesterol baik dengan kepadatan tinggi (HDL).

    Tugas LDL di dalam tubuh adalah mengangkut kolesterol dari hati menuju sel-sel yang membutuhkannya. Tetapi jika kolesterol lebih dari yang dibutuhkan tubuh, dapat menyebabkan penyakit. Sedangkan tugas HDL adalah mengangkut kembali kolesterol ke dalam hati. Kemudian di dalam hati, akan dihancurkan atau dikeluarkan tubuh.

    Faktor yang menyebabkan lemak darah tinggi dan kolesterol jahat dan cara pengobatannya

    Di dalam tubuh terdapat lemak darah dan kolesterol, tetapi kita perlu mengetahui faktor apa saja yang menyebabkannya menjadi berbahaya bagi tubuh. Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan lemak darah tinggi dan kolesterol jahat :

    1. Kurangnya olahraga
    2. Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak
    3. Faktor keturunan
    4. Menggunakan alkohol, tembakau dan bir

    Cara untuk mengobati dan pencegahan lemak darah tinggi dan kolesterol, yaitu :

    1. Gaya hidup yang lebih sehat

    Jika kamu ingin sehat, tentu dengan mengubah gaya hidup lebih sehat lagi. Dan juga tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan berlemak. Berhenti meminum minuman beralkohol dan merokok. Kamu juga harus diet dengan seimbang sambil pastikan energy yang di perlukan tubuh cukup. Tidak cukup disitu, kamu juga harus berolahraga agar badan kamu lebih segar.

    Mengonsumsi makanan sehat juga perlu kamu lakukan. Kurangi memasak dengan minyak goring biasa dan beralihlah menggunakan minyak zaitun tak jenuh, minyak kanola atau minyak kacang tanah sebagai alternatif.

    1. Mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter

    Jika kita berobat dan didiagnosa mengidap kolesterol, tentunya dokter akan memberikan obat. Obat tersebut akan membantu mengurangi kolesterol sehingga kolesterol atau lemak darah yang anda derita akan berkurang. Tetapi jika kamu memiliki alergi dengan obat-obatan tertentu, segera beri tahu dokter agar kamu terhindar alergi tersebut.(Taufiq)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Lemak Darah dan Kolesterol
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar