Makanan Khas Sungai Penuh, Jambi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Siapa yang tidak tau dengan kota Sungai Penuh yang merupakan kota terbesar kedua yang ada di Provinsi Jambi, Indonesia. Kota Sungai Penuh adalah hasil dari pemekaran Kabupaten Kerinci dan di sahkan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tepatnya pada tanggal 8 Oktober 2009. Daerah Indonesia ini banyak sekali keanekaragaman dan kaya akan budaya terutama pada kuliner di setiap daerahnya.

    Di setiap daerah memiliki makanan khas atau kuliner dengan rasa yang unik dan identik tergantung pada setiap masakan dan racikan bumbu dan rempah yang dimilikinya. Sekarang kita akan membahas tentang makanan khas dari daerah Sungai Penuh, Jambi. Mungkin bagi anda yang belum pernah kesana pasti belum tau apa makanan khas daerah tersebut dan penasaran apa makanan khasnya. Oleh karena itu berikut merupakan beberapa makanan khas Sungai Penuh, Jambi, sebagai berikut :

    1. Dendeng Batokok

    Sepintas kita berfikir dendeng ini adalah makanan khas Minang tetapi memang masakan ini dibawa perantau dari Minang ke Sungai Penuh. Tetapi dendeng batokok ini berbeda dimana dendeng batokok di Minang menggunakan cabe hijau dan daging sedangkan dendeng batokok di Sungai Penuh awalnya menggunakan daging rusa dan cabe merah. Karena daging rusa semakin langka, maka diganti dengan menggunakan daging sapi.

    1. Lemang Kantong Semar

    Kantong semar adalah salah satu tanaman yang mudah untuk anda jumpai di Taman Nasional Kerinci Seblat. Masyarakat kerinci sekitar mengolah kantung semar ini menjadi lemang kantong semar. Pembuatannya sama dengan pembuatan lemang bamboo yaitu dengan cara mencuci bersih terlebih dahulu kantong semar tersebut kemudian masukkan beras ketan dengan campuran santan kelapa ke dalamnya dan tambahkan garam secukupnya. Biasanya lemang kantong semat ini disajikan sebagai teman makan gulai. Tetapi makanan ini jarang di temui dan hanya bias ditemukan pada acara-acara tertentu misalnya acara adat.

    1. Soto Semurup

    Soto ini tidak jauh berbeda dengan soto lainnya yang ada di daerah-daerah. Soto ini disajikan di dalam sebuah mangkok yang berukuran sedang yang di dalamnya  terdapat nasi, sayuran, potongan dendeng sapi dan soun (mie bihun yang diolah dari pati), kemudian semuanya ditambahkan dengan kuah soto yang berwarna kuning bening dan sedikit tambahan kerupuk merah juga bawang goring.

    1. Gulai Ikan Semah

    Hal yang paling istimewa dari makanan ini yaitu ikan semah yang digunakan adalah jenis ikan yang sangat langka dan hanya ada di Sungai Batang Merangin dan danau Kerinci. Jika anda berhasil naik ke gunung api tertinggi yang ada di Indonesia ini sekaligus menikmati gulai ikan semah  yang sangat langka merupakan hal yang sangat sempurna dan melengkapi perjalanan anda ke Kerinci ini.

    1. Dodol Kentang

    Salah satu makanan khas kerinci yang cocok untuk nikmati dan juga bias dijadikan sebagai oleh-oleh. Dodol ini berbahan dasar kentang granola, dodol ini memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur yang lebih lembut dan tidak lengket jika di pegang, berbeda dengan dodol pad umumnya.

    Dodol kentang ini mudah anda temui di minimarket atau tempat oleh-oleh dengan variasi rasa yang beranekaragam mulai dari rasa gula aren, durian, pandan dan juga nanas.  Harga dodol kentang ini juga terjangkau mulai dari sepuluh ribu rupiah. Jika anda pergi ke daerah sungai penuh kerinci jangan lupa untuk membeli dodol kentang ini dan dijadikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Sungai Penuh, Jambi
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar