Betulkah Nyamuk Teler,  Usai Mengisap Darah Pecandu Alkohol

Daftar Isi

    JAKARTA-Apakah nyamuk bisa teler setelah mengisap darah dari pecandu alkohol. Apalagi, jika pecandu alkohol ini sudah mencoba berbacam minuman yang memabukkan. 

    Kurator Erica McAlister dari Natural History Museum me jawab pertanyaan ini mengatakan, kemungkinan nyamuk tidak akan ikut mabuk saat menghisap darah. Alasannya karena toleransi serangga terhadap alkohol lebih tinggi daripada manusia.

    Banyak serangga dewasa termasuk nyamuk memiliki kantung khusus tempat cairan disimpan dan dicerna oleh enzim sebelum diserap tubuh. Oleh karena itu efek buruk alkohol bisa jadi dinetralisir ketika nyamuk menghisap darah.

    Selain itu menurut ahli serangga Tanya Dapkey dari University of Pennsylvania mengatakan kandungan alkohol dalam darah manusia juga dosisnya terlalu rendah untuk memiliki dampak nyata.

    "Saya pikir jawabannya tidak (mabuk -red), karena tingkat alkohol dalam darah yang dikonsumsi nyamuk akan terlalu rendah," kata Tanya seperti dikutip dari BBC, Rabu (20/3/2019).

    Bila memang ada skenario entah bagaimana serangga bisa mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar, menurut Erica sebetulnya bisa saja mereka mabuk.

    "Saya tidak tahu pada nyamuk, tapi kita pernah melihatnya pada lalat buah. Mereka bisa mabuk meski memiliki toleransi alkohol tinggi," kata Erica. 

    "Dalam dosis kecil lalat-lalat akan menjadi hiperaktif dan tidak rewel memilih pasangan. Tapi ketika diberi alkohol dosis besar mereka akan pingsan," pungkasnya.(haz/dtc)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Betulkah Nyamuk Teler,  Usai Mengisap Darah Pecandu Alkohol
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar