Apa Bedanya jurusan TKJ dan RPL

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ketika anda sudah tamat dari SMP dan ingin melanjutkan pendidikan untuk mengasah skill atau kemampuan diri, anda bisa untuk masuk ke SMK. Mengapa Memilih Smk? Karena Smk merupakan sekolah yang akan memberikan ilmu sesuai dengann skill yang di miliki oleh setiap orang.

    Jika anda suka bermain game dan mengoperasikan teknologi, anda wajib masuk ke Smk. Tetapi anda akan kebingungan memilih dan menentukan jurusan apa yang sesuai dan cocok untuk anda dalam mengasah skill atau kemampuan diri anda. Di Smk, jurusan komputer terdapat bermacam-macam mulai dari Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Teknik Komputer dan Jaringan, dan masih banyak lagi. Disini kita akan membahas perbedaan dari jurusan Tkj dan Jurusan Rpl.

    Perbedaan dari Jurusan Tkj dan Jurusan Rpl

    1. Jurusan Tkj

    Tkj merupakan singkatan dari Teknik Komputer dan Jaringan. Tkj merupakan jurusan yang berkaitan dengan perangkat keras atau yang sering di sebut dengan Hardware. Tkj memiliki ilmu di bidang jaringan, perakitan komputer maupun Hardware.

    merupakan jurusan yang mengajarkan tentang bagaimana cara perakitan wifi dan mengatur ip address, mengajarkan bagaimana merakit komputer dari awal dan memecahkan trouble atau permasalahan yang terjadi saat merakit maupun mengajarkan tentang sistem operasi atau yang disingkat dengan kata OS. Selain itu jurusan Tkj merupakan jurusan yang banyak dicari untuk berkerja di dunia usaha maupun industri.

    Setelah anda tamat dari jurusan Tkj anda bisa bekerja secara freelance maupun bekerja bersama dudi. Tkj juga merupakan jurusan yang banyak di cari karena akan merakit teknologi yang sekarang lagi berkembang apalagi sekarang sedang viral teknologi yang memiliki kecerdasan buatan, maka diperlukan engineering untuk membuat kerangka dan merakit dari teknologi tersebut.

    2. Jurusan Rpl

    Rpl merupakan singkatan dari Rekayasa Perangkat Lunak. Rpl merupakan jurusan yang berkaitan dengan Software atau perangkat lunak. Rpl merupakan jurusan yang mengajarkan tentang bahasa pemrograman, cara menginstall sistem operasi, cara membuat website maupun cara membuat aplikasi mobile atau aplikasi untuk smartphone.

    Rpl merupakan jurusan yang juga dicari oleh dunia usaha maupun dunia industri untuk berkerja bersama mereka. Jika anda masuk kedalam jurusan Rpl anda akan disebut Programmer. Programmer adalah orang yang mampu menyelesaikan segala permasalahan dan tugas menggunakan bahasa pemrograman. Setelah anda tamat dari jurusan Rpl ini anda bisa bekerja secara freelance (Pekerja Lepas atau Pekerja yang bisa dilakukan di mana saja kapanpun dan dimanapun) dan berkerja bersama pihak dudi (Dunia Usaha dan Dunia Industri) maupun melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi.

    Rpl di perguruan tinggi juga terdapat bermacam-macam antara lain sistem informasi, teknik informatika, dan masih banyak lagi. Di indonesia sekarang mencari banyak programmer untuk kemajuan teknologi yang lagi berkembang.

    Programmer bisa menghasilkan penghasilan dari mana saja misalnya seorang Programmer telah menguasai bahasa XML, HTML, dan Css maka programmer tersebut bisa membuat sebuah template web dan bisa di jual, selain itu programmer bisa menghasilkan penghasilan dari mengerjakan project. Mengerjakan project merupakan penghasilan terbesar dari seorang programmer karena masing-masing project memiliki penghasilan yang berbeda-beda.

    Semakin banyak pengalaman programmer tersebut maka semakin banyak tawaran pekerjaan freelance maupun bekerja dengan dudi. Jika anda telah menjadi seorang programmer maka anda harus fokus kepada bahasa pemrograman tersebut dan sering melakukan studi kasus untuk dapat menambah pengalaman yang bisa anda bawa dan menjadi bekal untuk berkerja.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apa Bedanya jurusan TKJ dan RPL
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    16%

    Komentar