Makam Raja-Raja Rambah Salah Satu Objek Wisata Reliji Pasir Pengaraian, Rokan Hulu

Daftar Isi

    Makam Raja Rambah yang berlokasi di Kecamaran Rambah Hilir merupakan salah satu objek wisata reliji bagi masyarakat sekitar, Riau dan Nusantara. Kawasan Makam Raja Rambah sudah di tata dengan pembangunan. Makam Raja Rambah tepatnya berada di Desa Kumu, Pasir Pengaraian. Yang merupakan komplek Kerajaan Rambah yang terkenal.

    Selain Makam Raja Rambah di kawasan komplek, juga terdapat cagar budaya seperti Istana Kayu, Masjid dan juga ada rumah penduduk, termasuk juga benteng tradisional yang terbuat dari gundukan tanah. Di dalam kompleks makam raja-raja rambah, Makam Raja ketiga Kerajaan Rambah, yang bergelar Dipertuan Besar dipayungi oleh kayu ara yang dipagari urat-urat kayu yang menancap ke tanah. Sehingga makam ini seperti terletak di dalam pangkal kayu dan para peziarah harus menunduk masuk ke dalam jalinan urat kayu ara jika hendak melihat makam lebih jelas.

    Kawasan Makam Raja-Raja Rambah merupakan bekas kompleks Kerajaan Rambah yang terakhir. Kawasan kompleks makam Raja-Raja Rambah dikelilingi pohon-pohon besar sehingga memasuki kompleks ini terkesan suasana yang angker. Namun meskipun dikelilingi pepohonan yang besar, kompleks pemakaman ini ditumbuhi bunga Raflesia Arnoldi yang lebih dikenal dengan sebutan Bunga Bangkai dengan ukuran yang besar.

    Diantara makam raja-raja yang teridentifikasi adalah Makam Raja Rambah yang pertama dan Raja Rambah yang ke dua yaitu, Raja Tunggal Kuning dan Raja T.M Syarif, serta makam keturunan kerajaan dan masyarakat. (hyAzn)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makam Raja-Raja Rambah Salah Satu Objek Wisata Reliji Pasir Pengaraian, Rokan Hulu
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar