Makanan Khas Muara Teweh Kalimantan Tengah

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Muara Teweh terletak di Kabupaten Barito Utara, Propinsi Kalimantan Tengah tepatnya di tepi sungai Barito, kota ini mempunyai 1.277.81 km2(493.37 mil2) dan 120.607 jiwa penduduk(2010).

    Jika anda ingin berkunjung ke kota ini anda bisa melewati perjalanan darat dengan 2 cara pertama bisa melewati Palangkaraya kemudian yang kedua bisa melewati Banjarmasin, jika dari Banjarmasin atau Palangkaraya juga ada 2 cara yang bisa di lewati, yang pertama menggunakan kendaraan darat yang membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 10-12 jam karena jalan kesana sudah bagus dan tidak seperti dulu yang bisa memakan waktu kurang lebih 10-12 jam, tetapi jika dari Palangkaraya membutuhkan waktu 6-8 jam.

    Cara kedua yang bisa anda coba adalah dengan menaiki pesawat kecil dan anda perlu merogoh kocek yang tidak sedikit pula, tetapi banyak orang yang menggunakan pesawat kecil dikarenakan waktu kesana hanya 45 menit. Untuk rute kendaraan darat dari Banjarmasin yaitu Banjarmasin Martapura Rantau Kandang, Amuntai Tamiang Layang Muara Taweh, dan rute kendaraan darat dari Palangkaraya adalah palangkaraya Buntok Muara Taweh.

    Jika anda berkunjung ke kota ini belum lengkap jika tidak mencoba makanan khasnya yang unik dan lezat, berikut beberapa makanan Khas dari Muara Teweh, Kalimantan Tengah yang wajib anda cicipi.

    1. Juhu Umbut Rotan

    Juhu Umbut Rotan  merupakan kuliner yang berbahan dasar rotan muda yang di buat dengan cara rotan muda dibersihkan kulitnya kemudian di buang lalu dipotong dengan ukuran kecil, kemudian umbut rotan tersebut dimasak bersama dengan bambu, ikan baung, dan terong asam. Makanan ini memiliki rasa yang gurih kepahit-pahitan dan juga sama yang terpadu dengan rasa manis dari daging ikan yang menjadikan makanan ini khas rasanya.

    1. Bangamat

    Bangamat adalah makanan yang di buat dari kelelawar besar/kalong yang cara masaknya dengan membersihkan dan membuang kuku, bulu kasar di punggung dan ditekuk, sayap, usus dan juga bulunya, dagingnya dimasak. Biasanya untuk orang dayak Ngaju paing dimasak dengan bumbu yaitu daun pikauk dan serai. Biasanya paing dimasak bersama sayur hari batang pisang yang di potong, atau bisa juga dimasak dengan sayur keladi.

    1. Karuang/Kalumpe

    Karuang/Kalumpe adalah sayuran yang dibuat dari daun singkong yang ditumbuk halus, dalam pengelolaannya kalumpe ini daun singkong yang ditumbuk halus kemudian dicampur dengan terong kecil atau terong pipit. Ditambahkan dengan bumbu bawang merah, bawang putih serta serai dang lengkuas yang dihaluskan. Jika anda suka pedas maka anda bisa menambahkan cabe dan biasanya makanan ini disajikan dengan terasi.

    1. Wadi

    Wadi ini makanan yang bahan dasarnya adalah ikan atau daging yang hendak diolah dan dibersihkan terlebih dahulu, kemudian di rendah selama 5-10 jam dalam air garam. Kemudian ikan atau daging tersebut di angkat dan dibiarkan kering. Setelah kering kemudian daging atau ikan tersebut disimpan dalam kotak kaca, stoples atau plastik dan di tutup rapat-rapat. Simpan kurang lebih 3-5 hari. Jika daging disarankan untuk menyimpan lebih dari 1 minggu, setelah selesai wadi di olah kembali dengan cara dimasak atau digoreng.

    1. Juhu Umbut Sawit

    Makanan ini paling sering dicari orang pelancong yang sering ke tanah Dayak, dan bagi suku Dayak Juhu umbut Sawit ini merupakan kuliner favorit yang wajib untuk di hidangkan di setiap hari dan acara-acara seperti syukuran. Untuk rasanya sangat nikmat, gurih, sedap, lezat dan maknyus, bisa anda coba.

    Berikut merupakan makanan khas dari Kalimantan Tengah yang bisa anda coba dan anda nikmati, bagi anda yang penasaran anda bisa membuat sendiri atau jika ingin mencoba langsung makanan khasnya bisa datang ke Kalimantan Tengah.(Nisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Muara Teweh Kalimantan Tengah
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    66%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar