Soto Pekanbaru, Cita Rasa Kuliner Khas Pekanbaru yang Menggoda

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Soto, sepertinya tidak asing lagi bagi kita apalagi yang menyukai dunia kuliner makanan. Berbagai daerah memiliki resep dan soto khas masing-masing, dengan ciri khas rasa dan bahan serta campuran bumbu yang berbeda. Namun demikian tidak membuat nama makanan ini berubah, hanya penambahan asal daerah saja yang diberikan di belakangnya yang menunjukkan kekhasan rasa yang dimilikinya, seperti Soto Makasar, Soto Medan, Soto Padang, Soto Lamongan dan tidak ketinggalan juga Soto Pekanbaru.   

    Soto sudah menjadi makanan khas di Indonesia bahkan tak jarang ada sebagian masyarakat juga menghidangkan soto sebagai santapan saat lebaran, mumpung saat ini masa bulan puasa Ramadhan maka tidak ada salahnya mencoba membuat masakan ini, Soto Pekanbaru dengan rasanya yang khas juga dapat dinikmati untuk berbuka puasa ataupun dihidangkan saat lebaran, namun tak kalah penting adalah Soto Pekanbaru merupakan salah satu kuliner yang ada di Kota  Pekanbaru.

    Hampir Setiap daerah miliki soto masing-masing dan rasa tersendiri juga, apa sih yang membedakan Soto Pekanbaru dengan soto daerah lainnya?. Rasa Soto Pekanbaru unik dan nikmat sekali serta khas, yang paling kentara perbedaannya adalah Soto Pekanbaru tidak menggunakan bihun dalam sajiannya melainkan menggunakan mi sagu. Terbayangkan bagaimana bedanya?. Dan juga biasanya soto menggunakan daging ayam sebagai bahan utama tapi Soto Pekanbaru bahan utamanya adalah Ikan Salai.

    Dan juga dibuat dengan racikan bumbu dan rempah yang khas membuat Soto Pekanbaru miliki rasa yang nikmat dan segar. Kuah Soto Pekanbaru terbuat dari udang dan ikan salai sebagai pengganti ayam dan daging. Ditambah dengan mi sagu yang kenyal menjadikan Soto Pekanbaru terasa khas dan nikmat. 

    Adapun bumbu dan rempah-rempah yang digunakan pada Soto Pekanbaru ialah batang serai yang dimemarkan, seledri, daun salam, cengkeh, kaldu sapi, garam, pala bubuk, gula pasir, merica bubuk, santan, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, jahe, mi sagu, toge, tomat, bawang goreng, jeruk nipis, pergedel, kerupuk amplang, kecap manis dan sambal saus.

    Dengan kekayaan bumbu dan rempah yang ada sudah terbayang bagaimana lezatnya soto khas Pekanbaru ini. Dengan kuah campuran udang dan ikan salai ditambah mi sagu yang kenyal dan dipadu dengan bumbu-bumbu rempah yang kaya rasa dan sangat segar sekali menjadikan Soto Pekanbaru nikmat dan selalu dicari-cari. Soto Pekanbaru harganya lumayan mahal jika ingin mencicipinya, namun Soto Pekanbaru juga bisa dibuat sendiri. (hyAzn)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Soto Pekanbaru, Cita Rasa Kuliner Khas Pekanbaru yang Menggoda
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar