Makanan Khas Bengkulu Yang Wajib Dicoba

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mencari informasi tentang oleh-oleh, makanan ringan atau makanan khusus bengkulu? Yap di sini tempatnya, mengunjungi bengkulu tidak lengkap kecuali Anda mencoba kuliner spesial.

    Bengkulu adalah salah satu provinsi di Pulau Sumatra. Mayoritas mata pencaharian masyarakat adalah petani. Itu terletak di pinggir laut terpisah dekat Samudera Hindia. Karena itu, hampir sebagian besar makanan dibuat dari ikan laut. Inilah kuliner khas Bengkulu yang wajib dicicipi.

    1. Gulai kemba'ang

    Meskipun merupakan makanan khas Bengkulu, kari kemba'ang lebih dikenal di Mukomuko. Gulai kemba'ang terbuat dari iga sapi, dimasak dengan bumbu spesial. Makanan tersebut biasanya ditemukan saat bulan puasa dan lebaran.

    1. Kue perut

    Perut berasal dari nama burung punk, tetapi itu bukan bahan dasar untuk membuatnya. Kue ini dinamai setelah perut karena itu bentuknya sama dengan perut punk. Keistimewaan Bengkulu ini memiliki dua varian rasa, asli dan manis.

    1. Liontin Kuliner Khusus Bengkulu

    Kuliner khas Bengkulu ini adalah varian ikan yang terbuat dari ikan. Bumbu yang digunakan meliputi bawang putih, cabai, kencur, dan kelapa parut muda.

    Semuanya kemudian dimasukkan ke dalam daun talas dengan daging ikan. Rebus direbus delapan jam sampai ikan benar-benar matang dan jahitannya meresap.

    1. Tempoyak - Kuliner Spesial Bengkulu

    Tempoyak dibuat dengan bahan baku buah durian yang difermentasi yang diolah bersama ikan lele. Bentuknya seperti makanan pedas yang sedikit pedas.

    1. Masakan Tradisional Bengkulu

    Lema dibuat dari fermentasi seperti tempoyak, tetapi berdasarkan rebung atau bambu. Bambu dicincang dan dicampur dengan ikan air tawar, lalu difermentasi. Selain ikan, campurannya bisa dicampur bersama dengan lilin, atau sawah gergaji. Lema memiliki indera penciuman yang kuat dan aroma yang kuat.

    1. Tas hiu

    Kantung hiu adalah pangkalan kuliner daging hiu atau tanduk hiu yang tidak terlalu manis. Dikatakan bahwa bagasi hiu adalah makanan favorit Presiden Sukarno saat berada di pengasingan 1938 hingga 1942.

    1. Kue Snack Tradisional Bengkulu

    Tat memiliki penampilan yang sama seperti spons oval pipih dengan rasa manis dan gurih. Tat sering disajikan di idul fitri. Di masa lalu, makanan khas Bengkulu ini adalah jamuan untuk raja, tetapi sekarang ia dapat dikonsumsi siapa pun.

    1.  Bay tat

    Bay tat adalah kue persegi seperti kue tar yang dikombinasikan dengan kue pai. Di masa lalu, bay tat adalah hidangan tertentu dari raja Bengkulu, tetapi sekarang semua orang bisa memakannya. Bay tat berasal dari perpaduan kata bay, artinya induk dan tat yang berarti kue tar. Bay tat dibuat dari campuran tepung terigu, telur ayam, mentega, dan gula.

    1. Mie terbang

    Makanan khas Bengkulu ini dibuat oleh Salman, pemilik restoran. Ini menyajikan mie dalam suasana cerah yang berasal dari mangkuk. Ada tips tertentu yang digunakan untuk menyajikannya seperti itu. Mie terbang biasanya disajikan dengan kerupuk, irisan mentimun, telur, dan tomat.

    1. Benep herpes zoster

    Kue panekuk Benito sering digunakan sebagai menu buka puasa selama bulan Ramadhan. Untuk membuatnya, diperlukan tepung lengket, santan, daun salam, lengkuas, dan daun pisang. Bening tenggelam cocok untuk digunakan meskipun tidak tahan lama.

    1. Paru-paru batang

    Batang bergulir asam lilac berdasarkan rebung atau batang bambu. Cara mengolahnya sederhana, soba direndam sebagian hari sehingga rasanya asam keluar. Setelah itu, dicampur bersama dengan lilting atau keong hitam biasa yang tersedia di sawah.

    1. Soda tiriskan

    Ada minuman yang datang dari tempat ini yang populer lagi, nama salad sari buah apel. Sirup yang diawetkan terbuat dari gula dan asam sitrat. Dikatakan bahwa minuman ini mengandung banyak nutrisi dan memperlancar sirkulasi darah.

    1.  Bolu koja - Makanan Khusus Bengkulu

    Bolu koja sama dengan bolu kojo khas Palembang. Perbedaannya adalah bahwa rempah-rempah berduri memiliki agar-agar putih agar gurih. Teksturnya lembut seperti brownies dan memiliki rasa yang enak. Spons warna hijau dominan, yang disebabkan oleh campuran daun suji dan pandan.

    1. Terong

    Terong terbuat dari terong dan memiliki legit manis. Saat dicicipi, rasanya seperti tanggal. Terong hanya bisa didapatkan dengan hanya Rp 15 ribu rupiah.

    1. Lemang tapai

    Lemang tapai adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari ketan, kemudian dimasak dengan santan. Setelah itu, campuran tersebut kemudian diisi dengan garam dan kemudian dibungkus dengan daun pisang. Lemang tapai dimasak di atas api dalam nyala api yang kasar.(Firman)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Makanan Khas Bengkulu Yang Wajib Dicoba
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar