Waktu Yang Tepat Untuk Senam Aerobik

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Manusia merupakan makhluk yang sehari-hari melakukan berbagai pekerjaan di kantor ataupun di mana saja sesuai dengan bidang tersendiri. Pastinya tubuh manusia mengalami sakit ataupun pegal. Jadi tubuh perlu di istirahatkan ataupun di lakukan olahraga. Olahraga merupakan cara di mana dapat menyehatkan tubuh.

    Olahraga mempunyai banyak jenis diantaranya senam. Senam merupakan olahraga di mana kita merenggangkan tubuh dan melibatkan kekuatan atau energi. Senam juga banyak jenisnya, antara lain ada senam umum, senam ibu hamil, senam aerobik, senam lantai dan masih banyak jenis senam. Senam sangat bermanfaat bagi tubuh karena dapat menjaga kekuatan otot, menjaga kelenturan maupun melancarkan peredaran darah.

    Senam dapat di lakukan atau dilaksanakan secara berkelompok maupun individu. Senam dapat di lakukan oleh siapa saja, baik itu anak-anak, orang dewasa dan lansia. Senam dapat di lakukan atau di laksanakan di rumah maupun di luar. Senam dapat di laksanakan pada saat sebelum aktivitas. Diantara banyak jenis senam kita akan membahas mengenai senam aerobik. Senam aerobik pertama kali di laksanakan atau di lakukan di negara Amerika Serikat tahun 1980.

    Senam aerobik ini di perkenalkan  oleh Dr. Kenneth Cooper pada tahun 1960. Senam aerobik menjadi populer pada  tahun 1970. Pada awalnya di Indonesia senam aerobik merupakan senam atau olahraga yang di lakukan di kalangan wanita saja tetapi sekarang senam aerobik dapat di lakukan dari berbagai kalangan. Senam aerobik dapat di lakukan dengan melihat Video yang ada di YouTube.

    Senam aerobik memiliki banyak manfaat, diantaranya :

    1. Senam aerobik dapat meningkatkan fungsi jantung.

    Senam aerobik merupakan senam yang di lakukan dengan menggunakan irama musik. Irama musik membuat tubuh semakin semangat untuk melakukan gerakan senam sehingga dapat meningkatkan fungsi jantung dan dapat membuat jantung menjadi sehat. Senam aerobik banyak kita temukan di Indonesia.

    1. Senam aerobik juga dapat menurunkan berat badan

    Senam aerobik juga bisa menurunkan berat badan karena senam ini banyak gerakan yang membuat tubuh berkeringat. Dengan melakukan gerakan senam aerobik bisa membakar lemak sehingga baik untuk yang melakukan diet.

    1. Senam aerobik dapat meningkatkan stamina tubuh

    Selain dapat meningkatkan fungsi jantung dan menurunkan berat badan, senam aerobik juga dapat meningkatkan stamina tubuh, Sehingga tubuh menjadi rileks.

    1. Senam aerobik dapat mencegah dari berbagai penyakit

    Senam aerobik juga dapat mencegah dari berbagai penyakit karena tubuh bergerak mengiringi irama musik. Hal ini dapat mencegah tubuh dari penyakit stroke, penyakit kolesterol, dan penyakit kanker. Maka dari itu senam ini juga baik bagi lansia karena dapat membuat tubuh terhindar dari penyakit dan dapat menyegarkan tubuh.

    1. Senam aerobik dapat meningkatkan mod

    Karena senam ini di iringi dengan musik maka hal tersebut yang dapat meningkatkan mod seseorang. Musik juga berpengaruh dalam senam aerobik, karena lambat kencangnya musik dapat berpengaruh gerakan senam yang di lakukan.

    Itulah manfaat dari melakukan senam aerobik. Jadi banyak yang bertanya kapan waktu yang baik dan tepat untuk melakukan atau melaksanakan senam aerobik? Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan di negara Amerika serikat senam baik di lakukan pada waktu yang tergantung pada aktivitas.

    Tetapi menurut Dr. Boris Medarov senam aerobik ini baik di lakukan pada jam 16.00 atau jam 17.00 atau sekitar jam 4.00 dan jam 5.00 sore. Hal ini karena puncaknya pernapasan yang baik itu sekitar jam 16.00 sampai jam 17.00. Dan juga berolahraga pada waktu sore sekitar jam 4 sampai jam 5 sore merupakan waktu yang terbaik karena sinar ultraviolet matahari sudah tidak memancarkan efek buruk bagi tubuh dan kulit.(Arnolis)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Waktu Yang Tepat Untuk Senam Aerobik
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar