Tuah Keramat Bukit Embun Pemuncak Festival Pacu Jalur 2023

Daftar Isi

    Dua jalur sedang  bertanding di Sungai Kuantan Tepian Narosa, saat Festival Pacu Jalur 2023 di Kuantan Singingi.(ft:dok humas Pemprov rRiau.)

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Tuah Keramat Bukit Embun dari Desa Gumanti, Indragiri Hulu berhasil menjadi pemuncak Festival Pacu Jalur 2023. Kemudian disusul Cakaran Garuda Muda KONI Riau dan tempat ketiga jalur Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo pada Minggu sore (27/8/2023).

    Gubernur Riau Drs Syamsuar saat menutup Festival Pacu Jalur Tradisional 2023il di di Tepian Narosa, Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, mengatakan mengapresiasi kegiatan olahraga yang dibalut dengan atraksi seni dan budaya itu. Sehingga, pihaknya selalu mendukung pelaksanaan event yang termasuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf. 

    “Kami dari Pemerintah Provinsi Riau selalu mensupport kegiatan ini, seperti sekarang ada bantuan dan bonus yang kami berikan,” katanya.

    Pemprov Riau melalui Dinas Pariwisata memberikan dukungan hadiah untuk jalur pemenang juara I, II dan III. Dengan total hadiah Rp180 Juta. Di mana untuk juara I sebesar Rp70 Juta, juara II Rp60 Juta dan juara III Rp50 Juta.

    Kemudian, secara spontan Gubernur Syamsuar juga memberikan bonus untuk tim pemenang. Juara 1 Tuah Keramat Bukit Embun mendapat Rp10 juta dan Juara 2 Cakaran Garuda Muda memperoleh Rp5 juta. Tak hanya itu saja, ia juga memberikan lima unit sepeda untuk penari pacu jalur terbaik. 

    “Saya melihat meriah ya tahun ini, tentu selamat untuk pemenang dan masyarakat Kuansing yang telah melaksanakan kegiatan pacu jalur,” jelasnya.

    “Semoga di masa yang akan mendatang tetap berlanjut dan mudah-mudahan akan lebih ramai lagi. Saat ini banyak saya melihat tidak hanya wisatawan dari Riau saja, namun ada dari daerah lain juga,” ucapnya. 

    Gubri berharap, momentum tersebut dapat menjadi suatu langkah promosi Riau baik di kancah Nasional maupun Internasional. Sehingga, bisa menjadi momentum untuk meningkatkan perekoniman masyarakat. 

    "Ya harapan saya, dari kegiatan pacu jalur ini makin banyak lagi masyarakat berkunjung ke daerah kita ini. Sehingga, dari sini semoga ekonomi masyarakat juga semakin meningkat dan semakin sejahtera. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk para atlet dan saya harap terus berlatih, sehingga tahun depan kita bertemu lagi,” pungkasnya.

    Berikut juara 1 sampai dengan juara 15 pada event pacu jalur 2023 Taluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi Riau:

    1. Tuah Keramat Bukit Embun

    2. Cakaran Garuda Muda

    3. Sijontiak Lawuik Pulau Tanamo

    4. Bintang Emas Cahaya Intan

    5. Olang Buas

    6. Upae Saghok Ghimbo Dusun

    7. Selendang Putie Bukit Keramat

    8. Tanjung Ghasau Benteng Betuah

    9. Alam Cahayo Tuah Nagoghi

    10. Seroja Indah Rawang Duri

    11. Langkah Siluman Buayo Danou Sitorajo

    12. Siposan Rimbo Gangean

    13. Singa Kuantan 

    14. Batu Hijau Tuah Negeri

    15. Rajo Rimbo Kumayang.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tuah Keramat Bukit Embun Pemuncak Festival Pacu Jalur 2023
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar