Unik, Gajah Jadi Pengibar Bendera Peringatan HUT RI ke 78 di Riau

Daftar Isi

    Gajah yang ikut dalam upacara peeingatan HUT RI ke 78 di Kantor BBKSDA Riau.(ft:asp)

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Ini baru pertama kali dilakukan di Provinsi Riau dan bahkan mungkin di seluruh Indonesia. Melibatkan tiga ekor gajah sebagai pengibar bendera merah putih pada upacara Peringatan  HUT ke 78 Republik Indonesia.

    Hal ini terjadi di lapangan upacara Kantor Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Riau, Kamis (17/8/2024).

    Tiga ekor gajah ikut dalam uoacara peringatan HUT RI ini. Ketiganya adalah gajah yang sudah jinak, dua ekor betina dan satu jantan.

    Kepala Bidang Tata Usaha, BBKSDA Riau, Hartono pihaknya memang sebelumnya sudah merencanakan melibatkan tiga ekor gajah untuk pengibaran bendera di HUT kemerdekaan RI ke-78 ini.

    "Tujuannya sebagai sarana edukasi, sosialisasi kepada masyarakat bahwa gajah yang selama ini mungkin dianggap sebagai hama merupakan hewan yang dilindungi," jelas Hartono.

    Sebelum diikutkan pengibaran bendera, tiga ekor gajah tersebut terlebih dahulu dilatih untuk melaksanakan upacara kemerdekaan Republik Indonesia. 

    "Proses pelatihan gajah tersebut tidak terlalu lama, hanya butuh waktu setengah hari," ungkap Hartono.

    Ide itu jelas Hartono, didapat pada hari Senin kemarin dan selanjutnya gajah Vera, Bankin dan Indah dilatih melakukan pengibaran bendera.

    Pemasangan bendera sendiri dilakukan tiga petugas BKSDA Riau, selanjutnya gajah Vera menarik tali agar bendera naik seiring lagu Indonesia Raya berkumandang.

    Setelah bendera merah putih sampai dipuncak tiang, lalu tiga ekor gajah memberikan penghormatan kepada sang saka merah putih.(rie)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Unik, Gajah Jadi Pengibar Bendera Peringatan HUT RI ke 78 di Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait