Masjid Megah di Riau

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Riau merupakan tanah Melayu yang pada setiap sendi budayanya sangat lekat dengan ajaran Islam. Masjid pun sangat mudah dijumpai di Riau. Berikut adalah beberapa masjid megah di Riau.

    1. Masjid Agung an-Nur Pekanbaru

    Masjid ini terletak di Kota Pekanbaru, ibukota dari Provinsi Riau. Masjid yang dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968 ini memiliki gaya arsitektur yang berasal dari India, Arab, Turki, dan Melayu. Selain menjadi masjid terbesar di Riau, masjid ini juga menjadi bagian dalam 10 masjid terindah di Indonesia.

    Bangunan masjid Agung an-Nur yang terlihat saat ini sebenarnya bukan bangunan asli yang selesai dibangun pada tahun 1968. Bangunan yang saat ini telah banyak mengalami renovasi pada tahun 2000 lalu. Pada masa gubernur Riau, Shaleh Djasit, masjid ini dirombak total, hingga menjadi seperti sekarang. Luas lahan masjid ini menjadi 3 kali lipat dari sebelumnya (sekarang seluas 12,6 hektare).

    Pada awal berdirinya sampai dengan tahun 1973, Fakultas Ushuluddin dari IAIN Sultan Syarif Kasim Pekanbaru menggunakan masjid ini sebagai kampusnya.

    Masjid megah yang terletak di Pekanbaru ini sering kali disebut sebagai Taj Mahalnya Riau karena terdapat beberapa kemiripan dengan Taj Mahal. Masjid ini berkapasitas sekitar 4.500 jamaah.

    1. Masjid Agung Madani Islamic Center Rohul

    Masjid ini menjadi pusat kegiatan agama Islam di Kabupaten Rokan Hulu. Masjid ini menjadi masjid terbaik se-Riau pada tahun 2015. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian tim dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau. Masjid ini juga menjadi salah satu dari 6 masjid termegah di Indonesia. Karena kemegahannya, banyak wisatawan mengunjungi masjid ini untuk shalat di sana. Baik sarana ataupun prasarana di masjid ini sangat lengkap. Manajemen dan pemeliharaan untuk kemakmuran masjid ini sangat baik, serta ada berbagai kegiatan yang diadakan di masjid ini.

    Masjid yang dibangun dengan dana milyaran rupiah menggunakan uang rakyat ini memiliki sarana MCK yang memadai, perpustakaan manual maupun digital, karpet sajadah dari Turki, tempat wudhu yang bersih dan nyaman, radio daerah, TV Madani, aula serbaguna, toserba, ruangan belajar dengan akses internet, serta poliklinik.

    1. Masjid al-Ikhsan Islamic Center Kampar

    Masjid yang terletak di Kota Bangkinang Kabupaten Kampar ini menjadi ikon utama di kompleks Islamic Center sebagai Serambi Makkah nya Riau. Posisi Islamic Center yang terletak dipinggir jalan penghubung antara Provinsi Riau dan Sumatera Barat membuatnya sangat strategis dan seolah-olah menyambut kedatangan orang di Provinsi Riau.

    Warna keemasan dari kubahnya membuat masjid ini menjadi pusat perhatian. Warna cokelat yang mendominasi pada bangunan masjid membuatnya terlihat indah dan ramah. Adanya gazebo dan air mancur di taman yang tertata dengan baik menambah keindahan dan kenyamanan pada masjid ini.

    1. Mesjid Istiqomah Bengkalis

    Masjid yang memiliki gaya arsitektur bergaya Melayu, Arab, dan Turki ini menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Bengkalis. Sekilas, empat tiang menara masjid yang menyatu dengan bangunan masjid ini tampak seperti menara Masjid Biru di Istanbul, Turki.

    Kesan bersahaja dan indahnya masjid ini terlihat dari kombinasi warna putih yang mendominasi pada bangunan masjid, dan biru pada kubahnya.

    Menjelang shalat Magrib tiba, suasana di sekitar masjid terasa lebih hidup dengan banyaknya aktivitas masyarakat Bengkalis di sekitar masjid yang lalu lalang, menunggu waktu shalat Magrib.

    Suara riuh burung walet pada penangkaran di bagian atas masjid membuat suasana masjid menjadi lebih semarak.

    1. Masjid Sultan Syarif Hasyim Siak

    Masjid yang memiliki lima kubah dengan didominasi oleh perpaduan warna biru dan kuning ini terlihat sangat mencolok. Berlokasi di Kabupaten Siak, masjid ini juga memiliki menara yang terletak di salah satu sudut pintu masuk area masjid.

    Suasana lega akan terasa begitu memasuki ruang utama masjid. Plafon yang mengikuti bentuk kubah masjid dan atapnya yang tinggi dibiarkan polos. Justru nuansa artistiknya muncul pada ornamen konstruksi besinya.(Syafira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Masjid Megah di Riau
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar