Pasar Bawah Pusat Oleh-oleh Pekanbaru

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pasar bawah merupakan salah satu tempat wisata sekaligus menjadi pusat oleh-oleh di Pekanbaru. Jika Anda berkunjung ke Pekanbaru, maka tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Pasar Bawah. Pasar ini juga menjadi pusat perbelanjaan aksesoris rumah tangga seperti karpet, keramik, serta lampu antik. Barang-barang ini berasal dari dalam maupun luar negeri. Selain itu, barang-barang bekas juga tersedia di pasar ini.

    Pasar bawah pernah dinobatkan pada tahun 2007, psebagai pasar tradisional terbersih di Indonesia untuk kategori kota besar. Pasar Bawah menjadi saksi sejarah dalam perjalanan Kota Pekanbaru, sekaligus menjadi pasar tertua di kota ini.

    Nama Pasar Bawah berasal dari lokasi Pasar Bawah itu sendiri yang terletak tidak jauh dari pinggir Sungai Siak, yang letak daerahnya lebih rendah dari pada Pasar Pusat atau sekarang bernama Plaza Sukaramai.

    Arsitektur bangunan dari Pasar Bawah ini juga memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Gedung yang memiliki empat lantai dan areal parkir basement ini memiliki corak arsitektur yang merupakan perpaduan antara budaya Melayu dan Tionghoa. Hampir seluruh dinding bangunannya terdapat ukiran khas Melayu, dan di atas atapnya terdapat selembayung. Warna hijau dan kuning yang menghiasi bangunan ini juga merupakan simbol dari warna Melayu.

    Pasar Bawah yang merupakan pusat oleh-oleh Pekanbaru tentunya memiliki banyak sekali pilihan suvenir yang bisa dibawa pulang. Di sini, tidak hanya barang dalam negeri saja yang tersedia, namun juga barang-barang yang berasal dari luar negeri seperti dari negara tetangga Malaysia dan Singapura. Ada juga barang-barang dari Cina, Timur Tengah dan sebagainya yang memiliki kualitas baik dengan harga yang terjangkau.

    Pada lantai dasar Pasar Bawah, terdapat berbagai macam oleh-oleh berupa makanan seperti Dodol Durian, Lempuk Durian, dan keripik. Tidak hanya itu, berbagai jenis ikan termasuk ikan khas Pekanbaru seperti ikan salai ada di sini.

    Sedangkan di lantai duanya, tersedia barang-barang berupa makanan berkemasan dan aksesoris. Aksesoris di sini dapat berupa kalung, gelang, dompet, bros jilbab, perlengkapan pernikahan, dan lain-lain. Terdapat pula gantungan kunci asal Malaysia dan Singapura, yang terlihat dari bentuk menara kembar dan patung singanya. Makanan di sini banyak juga yang berasal dari Singapura dan Malaysia yang juga telah terdaftar oleh BPOM.

    Harga barang-barang tersebut bisa dibilang lebih murah jika dibandingkan harus pergi ke negara asalnya dan membelinya di sana. Selain aksesoris dan makanan, di lantai dua ini juga menjual berbagai jenis guci dan kain.

    Kain yang ada di sini bermotif khas Melayu, seperti motif Siku Keluang, Pucuk Rebung, dan motif berbunga-bunga. Terdapat juga mukena dengan bordiran sangat bagus di jual di sini.

    Di lantai tiga, terdapat banyak sekali berbagai koleksi sepatu ataupun tas yang di jual di sini dengan harga yang bervariasi. Adapun di lantai empat yang merupakan lantai teratas Pasar Bawah ini, merupakan khusus tempat belanja berbagai jenis pakaian. Harga pakaian di sini juga sangat bervariasi, mulai dari puluhan ribu, hingga bisa mencapai jutaan rupiah.

    Pasar Bawah juga dikenal menjual barang-barang bekas dari luar negeri. Barang-barang seperti keramik dari Cina, tas dari Italia, karpet dari Timur Tengah, berbagai patung dan guci, bahkan velg mobil bisa didapatkan di sini dengan kualitas bagus dan harga terjangkau.

    Pasar Bawah dapat dikunjungi setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 6 sore waktu Indonesia bagian Barat. Pasar ini terletak di bagian Utara Kota Pekanbaru, tepatnya di ujung Jalan Ahmad Yani di pinggir Sungai Siak. Untuk pergi ke sana, Anda dapat menggunakan transportasi umum. Letaknya yang masih di dalam Kota Pekanbaru juga membuatnya mudah untuk dijangkau.(Syafira)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pasar Bawah Pusat Oleh-oleh Pekanbaru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar