Pemerintah Genjot Iklim Investasi Berbasis Ekonomi Biru

Daftar Isi


     
    Foto: Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono saat membuka secara daring, Forum Hukum Tahun 2022 dengan Tema “Dukungan Regulasi Dalam Mencapai Program Prioritas Kementerian" Senin (25/7/2022).

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Pemrintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tengah menggenjot iklim investasi di Indonesia. KKP fokus pada tiga program prioritas berbasis ekonomi biru. Hal ini guna mendukung pertumbuhan ekonomi nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    Reformasi regulasi pun digalakkan untuk mempermudah pelaku usaha mengembangkan potensi ekonomi. Mulai dari hulu hingga hilir sektor kelautan dan perikanan, dengan tetap memperhatikan keberlanjutan ekosistem.

    "Dukungan reformasi regulasi untuk implementasi program prioritas KKP sangat vital, untuk menjaga momentum investasi para pelaku usaha yang akan berkontribusi positif pada kesejahteraan masyarakat, memberikan distribusi pendapatan, dan mendukung pembangunan wilayah," ujar Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono secara daring, Senin (25/7/2022).

    Saat ini Kementerian Kelautan dan Perikanan telah memetakan 2.398 regulasi dalam bentuk Peraturan Menteri dan Keputusan Menteri. 

    Pihaknya juga telah melaksanakan analisis dan evaluasi untuk menyederhanakan peraturan perundang-undangan. Hal ini agar ramah terhadap investasi dan merampingkan birokrasi perizinan dengan tetap memperhatikan dan menjaga kesehatan laut.

    Menteri Trenggono mengutarakan, permasalahan paling dominan dari regulasi di KKP yaitu, terkait aspek implementasi regulasi dan disharmoni. 

    Kedua isu tersebut menunjukkan bahwa dari sisi materi muatan maupun implementasi regulasi masih banyak mengandung permasalahan baik dalam konteks norma maupun implementasinya.

    "Dengan dukungan reformasi regulasi, kebijakan yang nantinya diterbitkan KKP membuat kegiatan berusaha berjalan mudah dan murah. Di sisi lain pelaku usaha memiliki kepatuhan tinggi terhadap regulasi yang sudah ditetapkan," pungkas Menteri Trenggono.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemerintah Genjot Iklim Investasi Berbasis Ekonomi Biru
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar