157 Jemaah Haji Indonesia Sakit Jelang Pelaksanaan Puncak Haji

Daftar Isi

    Foto: Jemaah Haji Sakit di KKHI PPIH Mekkah. (Bahauddin/MCH2019)

     

    Lancang Kuning – Kementerian Agama melaporkan sebanyak 157 jemaah haji asal Indonesia mengalami sakit menjelang pelaksanaan haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna) yang dimulai pada hari ini, Jumat 8 Juli 2022.

    Plh. Kepala Biro HDI Kementerian Agama Wawan Djunaedi mengatakan, dari keseluruhan jemaah haji yang sakit, 139 jemaah telah mendapatkan perawatan di klinik kesehatan haji Indonesia dan 18 lainnya mendapat perawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

    Wawan juga menyampaikan, Jemaah haji asal Indonesia yang wafat bertambah dua orang. Dengan demikian, Jemaah haji yang wafat sebelum melaksanakan ibadah puncak haji menjadi 24 orang. Pemerintah akan membadal hajikan Jemaah yang meninggal sebelum puncak Armuzna.

    Sementara itu, Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Daerah Kerja Mekah mencatat 182 jemaah akan menjalani safari wukuf. Jemaah yang melaksanakan safari wukuf akan diberangkatkan bersama-sama ke Arafah menggunakan bus.

    Jemaah yang disafariwukufkan dikarenakan kondisi fisik dan kesehatannya tidak memungkinkan untuk wukuf atau lempar jumrah secara mandiri. Bersamaan dengan itu, jemaah Indonesia mulai berdatangan di Padang Arafah di Timur kota Mekah pada Kamis kemarin.

    Sebelumnya, Para petugas haji daerah kerja (daker) bandara juga sudah diberangkatkan ke Arafah untuk mempersiapkan dan memastikan layanan puncak haji berjalan dengan baik.

    Petugas daker Mekah yang akan menjadi satgas di Muzdalifah telah bergerak menuju Arafah untuk wukuf pada hari ini, kemudian pada pukul 17.00 waktu Saudi, mereka akan ditugaskan di Muzdalifah.

    Sementara, para petugas daker Madinah yang bertugas di Mina juga telah bergerak pada sore hari kemarin untuk wukuf di Arafah dan nantinya mereka akan bergeser berbarengan dengan daker Mekah untuk bertugas di Mina selama 4 hari.

    Sumber: Antara



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Jumat, 8 Juli 2022 - 12:28 WIB
    Judul Artikel : 157 Jemaah Haji Indonesia Sakit Jelang Pelaksanaan Puncak Haji
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1494965-157-jemaah-haji-indonesia-sakit-jelang-pelaksanaan-puncak-haji?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Surya Aditiya

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 157 Jemaah Haji Indonesia Sakit Jelang Pelaksanaan Puncak Haji
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar