Sejarah Es Lancang Kuning

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Minuman ini berasal dari wilayah riau yang terkenal dengan lambang kapal lancing kuning  pada logo Provinsi Riau. Selain lagu yang terkenal, ternyata nama lancing kuning juga hadir dalam minuman khas riau. Bicara tentang lancang kuning tidak lepas dari legendarisnya di bumi melayu bahkan di Indonesia.

    Lancang Kuning adalah kapal atau kapal yang dulunya merupakan kendaraan pemimpin tradisional seperti datuk dan raja. Pembuatan kapal lancang kuning berasal dari mimpi seorang komandan yang meminta raja membuat perahu dengan tujuan melindungi air laut. Ternyata itu adalah untuk memfitnah raja karena pada saat itu perahu tidak dapat berlayar dan harus mencari pengorbanan seorang wanita hamil.

    Pada saat itu istri komandan lainnya adalah korban yang membuat komandan marah dan membunuh raja. Tetapi setelah itu ia mendapatkan kebenaran bahwa ini dilakukan oleh komandan yang bermimpi membangun kapal. Akhirnya komandan juga terbunuh. Merasa menyesal bahwa komandan dan istrinya adalah korban dari kejadian pergi berlayar menggunakan perahu yang telah dibangun. Dikatakan bahwa perahu lancang kuning mengalami kecelakaan saat berlayar karena terkena badai dan tenggelam.

    Mungkin itu sedikit sejarah tentang legendaris perahu lancang kuning. Jika teman ingin tahu tentang cerita lengkapnya, teman dapat mencarinya di internet atau di perpustakaan. Saat membaca cerita tidak lengkap jika tidak ada minuman. Untuk kali ini kami akan meresepkan cara membuat Es Lancang Kuning.

    Bahan dan alat yang dibutuhkan yaitu :

    • Bahan :
    1. Es batu
    2. Manga
    3. Nata de Coco
    4. Gula
    5. Air mineral
    6. Daun mint
    • Alat :
    1. Blender
    2. Pisau
    • Cara membuat :
    1. Pertama kupas manga dan cuci sampai bersih
    2. Lalu potong dadu manga yang sudah dicuci, sisihkan.
    3. Kemudian tambahkan cukup manga, es batu, gula, dan sedikit air kedalam blender.
    4. Tuang jus blender ke dalam gelas saji.
    5. Masukkan beberapa kubus manga dan natta de coco ke dalam gelas saji, dan beri daun mint di atasnya.
    6. Es Lancang Kuning siap untuk dihidangi

    Selain es lancang kuning, ada juga jenis minuman khas melayu Pekanbaru Riau lainnya. Jika anda berkesempatan dating ke Pekanbaru atau daerah riau lainnya,  Anda bisa mencoba mencicipi berbagai jenis minuman khas riau yang dijual dengan harga terjangkau. Rasanya enak, segar dan membuat anda kangen ingin kembali ke riau. Berikut beberapa jenis minuman :

    1. Kemarahan Laksamana Es

    Pertama kali anda mendengar nama minuman ini mungkin membuat anda penasaran, seperti apa bentuknya. Anda dapat menemukan minuman es laksamana mengamuk asli di daerah bengkalis, dibuat oleh penduduk setempat dengan rasa dan aroma yang khas. Es ini terbuat dari campuran buah kuini matang dan harum, dicampur dengan santan segar, sedikit susu dan serutan es batu. Aroma kuini yang harum inilah yang membuat rasa es ini benar-benar khas. Di Pekanbaru, kadang kala agak sulit menemukan buah kuini akan diganti dengan manga matang. Tapi rasanya tetap segar, karena menggunakan buah matang yang masih mentah dan segar.

    1. Es campur kacang merah

    Kacang merah tidak hanya enak sebagai campuran masakan rending, tetapi juga bisa digunakan sebagai pembuat minuman. Es campuran biasanya mengandung tapai, cendol, delima, cincau, santan, ketan hitam, beberapa potong buah, serutan susu dan es batu yang terbentuk di gunung.

    1. Teh Tarik panas dan dingin

    Jika anda tinggal di Pekanbaru, tentu saja anda sangat akrab dengan nama minuman yang satu ini. Di toko-toko tradisional di pinggir jalan, minuman ini cukup sering dijual dengan harga terjangkau. The dicampur dengan susu dan dibuat dengan cara khusus inilah yang membuat minuman ini dikenal dan disukai oleh banyak orang. Dapat disajikan dalam kondisi dingin atau panas.

    Dan masih banyak lagi jenis minuman khas kepulauan riau.(Julia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sejarah Es Lancang Kuning
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar