Batas Usia Tepat untuk Ayah Memandikan Anak Perempuan

Daftar Isi

     

     
    Foto: Batas Usia Tepat untuk Ayah Memandikan Anak Perempuan/ Foto: Istimewa


    LancangKuning.Com - Anak perempuan ternyata punya batas usia saat harus dimandikan si ayah nih, Bun. Psikolog dari Mayapada Hospital, Adisti F. Soegoto, MPsi mengatakan, biasanya di usia 3 hingga 5 tahun ketika pemahaman anak tentang tubuh dan gender sudah mulai agak jelas. Nah, di situlah batas ayah memandikan anak perempuannya.

    "Misal, aku perempuan, ayah laki-laki. Aku perempuan punya vagina, adikku laki-laki punya penis biasanya usia 3 sampai 5 tahun udah ada awareness. Jadi ketika anak tersadar hal itu, oke orang tua pun mulai komit anak perempuandimandiinnya sama ibu bukan ayah," papar psikolog yang akrab disapa Adis saat ngobrol dengan HaiBunda.

    Baca Juga: Anak Siak Kembali Berprestasi di Kejuaraan Karate Tingkat Internasional

    Pada usia-usia ini, orang tua juga bisa sambil mengenalkan alat kelamin ke anak. Misal, si anak melihat ibunya buang air kecil berdiri dan melihat ibunya punya vagina dan si kecil sendiri punya vagina.


    Foto: Batas Usia Tepat untuk Ayah Memandikan Anak Perempuan/ Foto: Istimewa


    "Nah, nanti dia juga merasa tuh kalau alat kelamin ayah atau adik lelakinya kok beda dengannya. Sebenarnya ini termasuk pendidikan seksual juga, bahwa tubuh anak perempuan dan tubuh anak lelaki berbeda. Kemudian, di usia 3 hingga 4 tahun kita sudah bisa ajarkan tuh siapa saja yang boleh menyentuh tubuh anak dan sentuhan yang bagaimana yang boleh dan tidak boleh," ungkap Adis, dilansir dari HaiBunda.Com.

    Baca Juga: 4,4 Juta Anak Indonesia tidak Sekolah

    Misal nih, Bun, kita bisa kasih tahu ke anakkalau sentuhan tangan seperti salaman atau kenalan itu adalah sentuhan yang boleh. Sedangkan sentuhan yang tidak boleh adalah sentuhan yang tertutup pakaian atau tertutup baju dalam. Itu bisa dikatakan ke anak, bahwa area tersebut hanya anak yang boleh menyentuh.

    "Contoh, ketika anak toilet training. Kan awal-awal kita yang bersihin tuh, tapi lama-lama mulai bertahap kita cukup pegang handshower aja dan anak kita latih untuk membersihkan sendiri. Cuma ya untuk awal kita bantu deh, jangan dari awal anak yang bersihin karena kan kita melatih 'how to' bukan anak yang harus ngerjain semua sendiri. Jadi lebih bertahap sih," imbuh Adis. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Batas Usia Tepat untuk Ayah Memandikan Anak Perempuan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar