Detik-detik KKB Tembak Pesawat Sam Air di Bandara Kenyam Nduga Papua

Daftar Isi

    Foto: Pesawat Sam Air. (VIVA/Aman Hasibuan)

     

    Lancang Kuning – Kelompok kriminal bersenjata ((KKB) menembak pesawat milik Sam Air PK - SMG di Bandara Kenyam Kabupaten Nduga, Papua. Pesawat tersebut melakukan penerbangan dari Wamena ke Nduga, namun setelah mendarat di Bandara Kenyam pada Selasa 7 Juni 2022, pesawat mendapat tembakan dari KKB.

    “Pesawat tersebut sedang membawa sembako kemudian saat parkir di Bandara Kenyam Kabupaten Nduga, Pesawat langsung mengalami tembakan,”ujar Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, Selasa, 7 Juni 2022.

    Kamal menjelaskan, kronologi penembakan terjadi saat pesawat mendarat di bandara Kenyam. Saat kondisi pesawat mati petugas langsung membuka pintu bagasi dan kedua pilot masih dalam pesawat.

    “Tiba-tiba dari arah Alguru (kali kenyam) pihak KKB melakukan penembakan ke arah pesawat tepat sasaran pada pilot,”katanya.

    Lebih lanjut, Kamal menjelaskan bahwa pada pukul 10.50 WIT terdengar bunyi tembakan kurang lebih sebanyak 15 kali dari arah Bandara Kenyam Kabupaten Nduga.

    Terdapat beberapa bagian pesawat yang terkena tembakan tersebut diantaranya ban depan pesawat, tanki bahan bakar (Aftur) dan dua titik di badan pesawat.

    “Mendengar tembakan itu tim gabungan TNI-Polri langsung mendatangi TKP dan mengamankan Pilot bernama  M Farhan Fachri dan Ko Polit Reza Ariestha Ragainaga ke Polres Nduga,” lanjut Kombes Kamal.

    Dalam penembakan itu tidak ada korban jiwa, namun pesawat Sam Air tidak dapat melanjutkan penerbangan karena mengalami kerusakan pada ban depan pesawat dan tangki bahan bakar yang bocor akibat terkena tembakan.

    Dikatakan bahwa saat ini Bandara Udara Kenyam sudah dapat dikuasai oleh aparat keamanan, dan melakukan pengamanan di seputaran Bandara Udara Kenyam.

    Kamal mengungkapkan, pada pukul 15.30 WIT Pilot dan Ko Pilot telah dievakuasi menuju Kabupaten Jayapura dari Kabupaten Nduga dengan menggunakan Pesawat Twinotter Sam Air.

    "Kita masih mendalami apa motif aksi serangan ini. Jelas sasaran mereka adalah pihak aparat dan masyarakat. Perkembangan selanjutnya nanti akan kami laporkan kembali," katanya. 



    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Selasa, 7 Juni 2022 - 17:23 WIB
    Judul Artikel : Detik-detik KKB Tembak Pesawat Sam Air di Bandara Kenyam Nduga Papua
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/berita/nasional/1482561-detik-detik-kkb-tembak-pesawat-sam-air-di-bandara-kenyam-nduga-papua?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Bayu Nugraha,Aman Hasibuan (Papua)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Detik-detik KKB Tembak Pesawat Sam Air di Bandara Kenyam Nduga Papua
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar