BI: Inflasi Riau pada Februari 2022 Terkendali

Daftar Isi

    Foto: Ilustrasi: Kantor Bank Indonesia perwakilan Riau.

     

    Lancang Kuning, PEKANBARU - Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, Muhamad Nur mengatakan bahwa secara umum, realisasi inflasi Riau pada Februari 2022 masih berada dalam level terkendali dan on-track dengan target inflasi 2022 secara keseluruhan.

    "Terjaganya inflasi menunjukkan pemulihan ekonomi Riau terus berlangsung dengan meningkatnya konsumsi masyarakat," kata Muhamad di Ruang Rapat Gedung A Kantor Perwakilan BI Provinsi Riau, Rabu (2/3/2022).

    Untuk itu, lanjut Muhamad, tim pengendali inflasi daerah (TPID) Provinsi Riau perlu mewaspadai sejumlah risiko yang berpotensi menimbulkan gejolak harga.

    Risiko tersebut di antaranya gangguan pasokan komoditas pangan karena tingginya ketergantungan Riau terhadap daerah lain, peningkatan biaya produksi, peningkatan harga berbagai komoditas yang terdampak penyesuaian cukai rokok, pengenaan cukai plastik, dan cukai minuman berperisa, dan kenaikan harga bahan bakar minyak seiring penyesuaian harga oleh produsen dan tren peningkatan harga minyak dunia. 

    Ia menambahkan, selain kelangkaan minyak goreng, Riau juga mengalami kelangkaan bahan bakar minyak jenis biosolar sejak Februari 2022. Kelangkaan ini terjadi ditenggarai akibat kuota solar tahun 2022 yang diberikan oleh Pertamina ke Provinsi Riau mengalami penurunan dari tahun 2021.

    "Dengan aktivitas sosial-ekonomi yang lebih tinggi dari tahun sebelumnya, permintaan masyarakat terhadap bahan bakar juga meningkat, di tengah penurunan kuota solar, sehingga kuota yang tersedia tidak lagi mencukupi," jelasnya.

    "Lebih lanjut, koordinasi TPID akan terus diperkuat agar inflasi Riau pada tahun 2022 tetap berada pada sasaran inflasi 3,0%±1 persen," tukasnya. (LK/MCR) 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel BI: Inflasi Riau pada Februari 2022 Terkendali
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar