6 Kebiasaan Dianggap Sepele Ini Ternyata Bisa Membuatmu Mudah Pingsan

Daftar Isi

     


    Foto: unsplash.com/Oscar Keys

    LancangKuning.Com - Buat kamu yang belum pernah pingsan mungkin terheran-heran, kok bisa orang kehilangan kesadaran atau pingsan? Mungkin kamu pernah melihat temanmu tiba-tiba jatuh di kelas atau saat upacara bendera. Atau mungkin kamu pernah mengalaminya? Sebenarnya kenapa sih orang bisa pingsan? Berikut ulasannya, dilansir dari IDN Times.

    1. Mendadak berdiri dari posisi tidur atau jongkok

    Foto: unsplash.com/Tim Gouw

    Buat kamu yang suka mendadak loncat dari tempat tidur harus hati-hati ya. Meskipun gak sampai pingsan, mungkin kamu pernah mengalami gejala-gejala seperti berkunang-kunang dan pandangan kabur beberapa detik? Jika sering dilakukan, kamu bisa benar-benar akan pingsan.

    2. Kekurangan minum sehingga tubuh kekurangan cairan dan elektrolit

    Foto: unsplash.com/Sasha Nadelyaeva

    Dehidrasi membuat aliran darah dan oksigen susah mencapai otak. Karena itu kamu akan merasa pusing hingga bisa pingsan. Untuk itu, biasakan mengonsumsi air putih. Minimal delapan gelas per hari ya!

    3. Kekurangan oksigen dalam ruangan tertutup dan banyak orang juga bisa membuat seseorang pingsan

    Foto: money.usnews.com

    Asupan oksigen dalam tubuh sangat penting. Bayangkan betapa beruntungnya kamu bisa bernapas setiap harinya. Saat kamu berdesak-desakan dalam ruangan tertutup ternyata bisa membuat tubuhmu kekurangan oksigen dan jatuh pingsan lho!

    4. Kelaparan bisa membuat seseorang kekurangan glukosa hingga pingsan

    Foto: youtrition.net

    Jangan pernah menyepelekan rasa lapar. Selain menyebabkan beragam penyakit, lapar juga bisa membuat seseorang pingsan. Itu karena manusia butuh asupan glukosa sebagai sumber energi yang nantinya dipecah oleh insulin dalam tubuh. Itu sebabnya, siapkan camilan jika kamu suka lapar mendadak.

    5. Berpanas-panasan, terutama di bawah teriknya sinar matahari bisa membuat metabolisme tubuh tak seimbang

    Foto: sukaberita.id

    Perubahan suhu yang ekstrem terutama panas bisa mengacaukan metabolisme tubuh. Itu sebabnya kadang akan kamu temukan temanmu yang pingsan jika terlalu lama berdiri di bawah terik matahari. Adapun, metabolisme yang tak seimbang bisa membuat stres, konsentrasi menurun, hingga kehilangan keseimbangan dan pingsan.

    6. Mengonsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang

    Foto: cnn.com

    Konsumsi alkohol dan obat-obatan terlarang bisa membuat seseorang kehilangan kesadaran dan pingsan. Itu karena alkohol dan minuman keras dapat dengan mudah diserap oleh aliran darah. Anehnya, banyak orang yang mengincar sensasi itu. Kembali padamu, kalau kamu sayang dengan kesehatanmu, kurang-kurangin ya.

    Kebiasaan-kebiasaan tadi sebisa mungkin cobalah dikurangi, atau kalau bisa dihindari. Ubahlah gaya hidupmu menjadi lebih baik agar kamu bisa menjalani hidup dengan lebih bahagia. (LKC)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 6 Kebiasaan Dianggap Sepele Ini Ternyata Bisa Membuatmu Mudah Pingsan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar