Final Piala AFF 2020: Duel Negara yang Kena Sanksi WADA

Daftar Isi

    Foto: Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Malaysia di Piala AFF 2020. (PSSI)


    Lancang Kuning – Final Piala AFF 2020 mempertemukan Indonesia vs Thailand. Kedua tim akan saling berhadapan dalam dua pertemuan yang akan dimainkan di National Stadium, Singapura. 

    Pertemuan pertama Timnas Indonesia melawan Timnas Thailand akan tersaji pada 29 Desember 2021. Sedangkan leg kedua dilangsungkan pada 1 Januari 2022. 

    Indonesia melaju ke babak final setelah unggul dengan agregat 5-3 atas Singapura. Sedangkan Thailand mengalahkan Vietnam dengan keunggulan 2-0. 

    Fakta menarik di balik pertandingan final Piala AFF 2020 ini adalah kedua negara sedang dalam sanksi Lembaga Anti-Doping Dunia (WADA). Akibatnya, Indonesia dan Thailand tidak bisa menggunakan bendera negara di ajang olahraga internasional. 

    Indonesia dan Thailand dijatuhi hukuman WADA secara bersamaan pada Oktober 2021 lalu. Alasannya, lembaga doping masing-masing negara tidak mematuhi syarat terhadap regulasi WADA. 

    Mereka bukan cuma tidak boleh membawa bendera di ajang olahraga internasional. Namun juga tidak bisa menjadi tuan rumah, kecuali penunjukkannya sebalum adanya sanksi WADA. 

    Di Piala AFF 2020 ini, Indonesia dan Thailand sama-sama menggunakan bendera federasi masing-masing, yakni PSSI dan FAT. Sebelum Piala AFF 2020, Indonesia sudah mengalami tidak bisa mengibarkan bendera Merah Putih ketika atlet menjadi juara di level internasional. 

    Yang pertama adalah Piala Thomas. Menyusul kemudian ketika Rahmat Erwin Abdullah menggondol dua medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021. 

    Meski begitu, bukan berarti atlet Indonesia, termasuk Skuad Garuda menjadi turun motivasinya. Mereka pastinya akan berjuang semaksimal mungkin untuk mempersembahkan hasil terbaik. (LK)

     

    Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Senin, 27 Desember 2021 - 04:06 WIB
    Judul Artikel : Final Piala AFF 2020: Duel Negara yang Kena Sanksi WADA
    Link Artikel : https://www.viva.co.id/bola/bola-sejagat/1435399-final-piala-aff-2020-duel-negara-yang-kena-sanksi-wada?page=all&utm_medium=all-page
    Oleh : Riki Ilham Rafles

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Final Piala AFF 2020: Duel Negara yang Kena Sanksi WADA
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar