APBD Riau 2022, Yulisman: Masih Prioritas Penanganan Covid-19 

Daftar Isi

    SUASANA Rapat Banggar DPRD Riau membahas rancangan KUA-PPAS APBD Riau 2022. (ft:LK)

     

    LANCANGKUNING.COM,PEKANBARU-Pandemi Covid-19 yang telah melanda negeri ini sejak dua tahun terakhir, telah membuat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau lebih banyak terserap kepada penanganan Covid-19. Bahkan, APBD Riau 2022, juga lebih banyak difokuskan untuk penanganan virus yang berasal dari Wuhan, China ini.

    "Pandemi Covid-19 belum berakhir, sehingga membuat DPRD Riau bersama Pemerintah Provinsi Riau tetap memfokuskan anggaran untuk penanganan Covid-19, termasuk APBD 2022," ujar Ketua DPRD Riau Yulisman, saat memimpin rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Riau, terkait pembahasan tentang rancangan KUA-PPAS APBD Provinsi Riau Tahun Anggaran 2022, Senin (1/11/2021).

    Yulsman didampingi Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho. Hadir dalam rapat ini, sejumlah anggota DPRD Riau yang lain, diantaranya Almainis, Husaimi Hamidi, Manahara Napitupulu, Parisman Ihwan, Karmila Sari, Zulfi Mursal, Yanti Komalasari, Markarius Anwar, Dani M Nursalam, Yuyun Hidayat dan Samsurizal.

    Rapat Banggar ini akan dilanjutkan setelah mendapat balasan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait perubahan KUA-PPAS APBD Provinsi Riau Tahun Anggaran 2022.

    Dalam KUA PPAS, APBD Riau tahun 20222 diperkirakan sebesar Rp8 triliun. Anggaran ini turun dari tahun sebelumnya sekitar Rp1 triliun karena APBD Riau tahun 2021, total anggaran sebesar Rp9,132 triliun. 

    Namun, angka detailnya tengah dibahas bersama TAPD Riau. “Target selesai sesuai ketentuan. Paling lambat 30 November,” kata Yusliman.

    Yulisman mengatakan, penurunan ini disebabkan Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik tak lagi dipegang provinsi, dan turunnya Dana Bagi Hasil (DBH) Rp300 miliar.

    “Selama ini DAK non fisik selama ini diturunkan ke provinsi, sekarang langsung ke kabupaten/kota. Itu sekitar Rp1 triliunan. Kemudian ada penurunan DBH, lebih kurang Rp300 miliar,” ujarnya.(ADV)


     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel APBD Riau 2022, Yulisman: Masih Prioritas Penanganan Covid-19 
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar