50 Juta Orang Sudah Vaksin COVID-19, Indonesia Masuk Peringkat 6 Dunia

Daftar Isi


    Foto: Ilustrasi Vaksin. (Freepik/wirestock)
     

     

    Lancang Kuning – Kementerian Kesehatan RI menargetkan vaksinasi COVID-19 selesai dalam 1 tahun ini. Sebelumnya, pemerintah memiliki target menyelesaikan vaksinasi dalam 15 bulan.

    Ini artinya, pada Januari tahun 2022 bila target tercapai, vaksinasi akan selesai. Dalam konferensi pers virtual pada Selasa, 24 Agustus 2021, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini laju vaksinasi Indonesia sudah mencapai 50 juta vaksinasi pada 8 Juli 2021.

    "Vaksinasi dimulai 13 Januari dan sudah mencapai 50 juta pertama pada 8 Juli. Kita mengejar 50 juta berikut pada 31 Agustus. Target 50 juta pertama dalam 26 minggu, 50 juta berikutnya berusaha 7 minggu, syukur-syukur bisa 6 atau 4 minggu," ujar Menkes Budi.

    Dia menambahkan, Kemenkes menargetkan suntik dalam satu bulan ini adalah 1,3 atau 1,4 juta per hari.

    "Kalau bisa dapat 4 minggu 50 juta, 100 juta tercapai di bulan Agustus. Ada bulan lagi kita bisa capai 50 juta, bisa dapat 200 juta. Kita sudah 75 persen dari target. Ini ambisi bagus," lanjut Budi.

    Dalam kesempatan itu, Budi juga mengungkap bahwa Indonesia kini berada di peringkat 6 dunia dalam jumlah orang yang sudah disuntikkan vaksin COVID-19. Sementara dalam jumlah dosis yang diberikan, Indonesia berada pada peringkat 9 dunia.

    Budi pun mengatakan bahwa itu adalah ranking yang cukup baik, mengingat saat ini negara yang memproduksi vaksin hanya ada lima di dunia.

    "Di luar 5 negara tersebut, kita ranking cukup baik," ujarnya.

    Dalam peringkat tersebut, China berada di urutan pertama, disusul oleh India, Amerika, Brasil dan Jepang. Data tersebut, menurut Budi, per tanggal Senin, 23 Agustus 2021.

    Sedangkan peringkat dalam dosis vaksin yang sudah diberikan, Indonesia berada di peringkat 9. Di bawah Turki dan Inggris, meski begitu Budi yakin Indonesia bisa menyusul kedua negara tersebut.

    "Feeling saya Turki dan Inggris bisa kita susul bulan ini. Kita sudah di atas Turki. Turki dan Inggris kita dekat sekali," kata dia optimis.

    Dia pun memprediksi Indonesia bisa baik menjadi peringkat 7, bahkan 6 besar bila sudah menembus suntikan di atas 100 juta.

    "Sampai sekarang masih 5 negara berhasil tembus 100 juta dosis. Tapi, posisi kita not bad, secara dunia baik," katanya. (LK) 

     

    Artikel ini sudah ditayangkan Viva.co.id dengan judul berita 50 Juta Orang Sudah Vaksin COVID-19, Indonesia Masuk Peringkat 6 Dunia

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 50 Juta Orang Sudah Vaksin COVID-19, Indonesia Masuk Peringkat 6 Dunia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar