Cicipi Asam Pedas Ikan Lomek, Cita Rasanya Membuat Lidah Ketagihan

Daftar Isi

    WISATA KULINER RIAU - Ikan Lomek yang memiliki bentuk tubuh memanjang dan pipih namun berbeda dari ikan lainnya, ikan ini tidak memiliki sisik seperti ikan biasa. Ikan lomek mengandung protein yang tinggi, gizi yang tinggi dan rendah lemak. Di Kepulaun Riau atau Melayu Pesisir ikan lomek biasa diolah menjadi asam pedas.

    Ikan lomek selain memakan plankton dan ikan kecil, Ikan lomek juga memakan udang bahkan anak ikan lomek itu sendiri karena ikan ini memiliki lambung yang elastis dan mulutnya yang terbuka lebar dua kali lipat dari ukuran badannya makanya ikan lomek bisa menelan ikan yang ukuran sedang.

    Di Kota Dumai juga terdapat banyak ikan lomek, bahkan di kota ini ikan lomek dijadikan salah satu kuliner wisata di dumai. Bahkan juga ada event perlombaan pengolahan ikan lomek dengan berbagai menu resep makanan, seperti Sup Ikan Lomek, Asam Pedas Ikan Lomek, Gulai Lemak Lomek dll. 

    Kali ini kita akan mengupas dan mencicipi Asam Pedas Ikan Lomek. Bahan dan cara pembuatannya hampir sama dengan asam pedas pada umumnya. Adapun bahan yang digunakan ialah, ikan lomek segar, asam kandis, daun kunyit, serai, bawang merah diiris besar, minyak untuk menumis, air dan garam secukupnya. Adapun untuk bumbu yang dihaluskan ialah, cabe keriting, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, lengkuas dan terasi.

    Semua bahan siap diolah, tumis bawah merah yang sudah diiris sampai harum dan warnanya keemasan. Masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, masak hingaa wangi, kemudian tambahkan air dan bahan-bahan lainnnya dan masak hingga mendidih. Setelah itu masukkan ikan lomek-yang sudah dipotong dan dibersihkan. Tunggu sampai mendidih kembali dan ikan lomek mayang. Jika ikan lomek sudah matang, maka Asam Pedas Ikan Lomek siap dimakan.

    Asam Pedas Ikan Lomek memiliki cira rasa tersendiri, tekstur ikan lomek yang lunak dan lembut dengan rasa kuah yang gurih dan sedikit pedas membuat masakan ini terasa lezat di lidah. Mencicipinya akan membuat kita ketagihan. Asam Pedas Ikan Lomek juga bisa didapatkan di Restoran yang ada di Riau. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cicipi Asam Pedas Ikan Lomek, Cita Rasanya Membuat Lidah Ketagihan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    50%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait