Sup Ikan Lomek Salah Satu Kuliner Khas di Riau Yang Harus Kamu Coba

Daftar Isi

    Kuliner Riau Ikan Lomek (Harpodon neherous ) mempunyai bentuk fisik yang memanjang, berkepala simetris, tidak bersisik, memiliki alat pernafasan tambahan. Bagian depan badannya terdapat penampang yang membulat sedang bagian tengahmya dan belakang berbentuk pipih. Alat pernafasan tambahan terdapat di bagian kepala di dalam rongga yang di bentuk oleh dua pelat tulang kapak. Insangnya berukuran kecil dan terdapat di bagian kepala bagian belakang

    Ikan Lomek merupakan masakan khas Riau khususnya masyarakat Melayu. Suku Melayu sangat menyukai Ikan Lomek. Masyarakat Melayu memiliki banyak resep olahan Ikan Lomek seperti Sup Ikan Lomek, Gulai Ikan Lomek, Asam Pedas Ikan Lomek, dan Fillet Lomek Goreng Tepung.

    Ikan Lomek ini licin seperti belut tapi dagingnya tidak kental seperti belut, dagingnya seperti jeli. Memasak Sup Ikan Lomek sangat simple. Dengan bahan dasar ikan lomek dan dicampur berbagai bahan dan bumbu halus membuat Sup Ikan Lomek terasa segar. Gunakan penyedap rasa secukupnya, batang serai digeprek, daun kunyit, cabe rawit, tomat hijau dibelah empat, minyak untuk menumis, bawang goreng, bawang merah, bawang putih, jahe dan daun sup. Dengan takaran bumbu yang harus disesuaikan dengan berapa banyak sup yang akan dimasak.

    Membuat Sup Ikan Lomek sangat mudah sekali, tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai tercium bau wangi. Kemudian masukan air secukupnya, cabe rawit, daun kunyit dan serai. Setelah bumbu dan air mendidih masukkan ikan lomek -yang sudah dibuang bersih tulangnya hingga hanya daging segar ikan lomek saja yang dimasukkan-, masukkan tomat. Setelah ikan matang kemudian angkat, taburi bawang goreng dan daun sup. Sup Ikan Lomek pun siap disajikan. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sup Ikan Lomek Salah Satu Kuliner Khas di Riau Yang Harus Kamu Coba
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar